Sukses

Bintik Melenting Yang Perih

01 Oct 2019, 14:50 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok saya mau tanya Udh sebulan ini dibagian ketiak saya ada muncul melenting kya cacar tp bukan dok & klo pecah dia perih terus kya nularin ke kulit sebelah nya cairan yg pecah itu Klo sengaja saya pecah kan cairan itu warna kuning sedikit bebau & lengket jg Udh sering saya kasih salep tp sewaktu waktu dia muncul sendiri Itu knp ya dok

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai bintik melenting yang perih melalui fitur Tanya Dokter.

Kulit memiliki fungsi untuk melindungi otot, tulang, dan organ di dalam tubuh kita. Namun, kulit juga dapat mengalami infeksi. Berikut adalah beberapa penyakit yang dapat menimbulkan bintik melenting pada kulit:

1. Cacar Air. Penyakit ini disebabkan karena virus varicella zooster. Cacar air diawali denga demam, skait kepala, dan nyeri otot. setelah itu baru timbul bintik- bintik melenting di seluruh tubuh. Setelah itu baru muncul gejala gatal pada bintik yang muncul. 

2. Herpes Zooster. Penyakit ini penyebabnya sama dengan cacar. gejalanya juga berupa bintik melenting dan gatal, namun pada herpes zoster akan timbul rasa perih, sensasi panas dan bintik melentingnya tidak muncul diseluruh tubuh. 

3. Herpes Simpleks. Virus ini biasanya menyukai tempat yang lembab. Gejalanya berupa rasa gatal dan panas di kulit, setelah itu timbul gatal dan lentingan yang berisi cairan. Biasanya bintik melenting ini bila pecah, juga menyebar ke bagian kulit lainnya. 

4. Impetigo. Ini disebabkan karena bakteri yang masuk ke pori-pori kulit.Gejalanya berupa timbul bintik melenting yang gatal dan apabila pecah, akan keluar cairan dan cairannya dapat menular jika mengenai kulit yang lainnya.

Bila muncul rasa gatal dan berair, apalagi disertai demam dan bintik yang terus menyebar sehingga membuat Anda tidak nyaman, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter agar diberikan pengobatan yang tepat. Demikian yang dapat disampaikan mengenai bintik melenting yang perih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar