Sukses

Penyebab Kematian Mendadak

01 Oct 2019, 13:03 WIB
Wanita, 25 tahun.

Saya sedikit ingin bercerita tentang kronologis almarhum suami saya meninggal, saya masih bingung penyebabnya. Jadi begini, malam hari sebelumnya Almarhum merasakan berat bagian punggung, sesak nafas, dan setelah bernafas dengan perlahan perasaan sakit itu membaik. Esok paginya kami ke rumah sakit karena dia sudah tidak tahan dan setelah di tensi tekanan darahnya sampai 160 lebih, dan dugaan dokter di RS tsb nyeri di dada karena asam lambung tinggi dan darah tinggi setelah pulang dr RS Almarhum minum obat asam lambung sucralfate jam 13.00 dengan takaran 10ml lalu minum lagi jam 16.40 dalam hitungan kurang lebih 3 menit langsung suami saya meninggal ditempat. Yang ingin sy tanyakan kira2 suami sy meninggal karena apa?

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter.

Kematian mendadak merupakan kejadian yang dapat terjadi di manapun. Sebanyak 360,000 kematian mendadak terjadi di Amerika Serikat. Penyebab kematian mendadak pada manusia dilatarbelakangi oleh beberapa pemicu dan faktor.

Apa saja penyebab kematian mendadak pada manusia? 

1. Kardiomiopati

Kardiomiopati adalah sebuah keadaan dimana otot jantung menjadi lebih tebal dan menyebabkan jantung mengalami kesulitan untuk memompa darah. Kelainan ini merupakan penyebab kematian mendadak yang paling umum pada individu  dengan usia dibawah 30 tahun.

2. Kelainan arteri koroner.

Arteri koroner dapat saja mengalami hubungan yang tidak normal. Sehingga ketika beraktivitas berat seperti berolah raga, arteri akan terkompres dan tertutup. Hal ini dapat menyebabkan penurunan darah ke otot jantung. Selain itu, kelainan pembuluh arteri koroner yang dapat menyebabkan kematian mendadak adalah penyakit jantung koroner akibat plak atherosklerosis. Plak atherosklerosis adalah sumbatan pembuluh darah koroner oleh plak lemak. Jika plak lemak ini pecah, maka akan terjadi sumbatan pembuluh darah dan menyumbat aliran darah ke otot jantung. Hal ini dapat menyebabkan kematian mendadak.

3. Gangguan irama Jantung

Jantung seharusnya memiliki irama yang teratur. Namun jika irama tidak terjadi secara teratur maka pemompaan darah menjadi tidak efektif. Salah satu kelainan irama yang umum ditemui pada kematian mendadak adalah long QT syndrome. Kelainan ini akan menyebabkan jantung berdetak secara berantakan dan menyebabkan seorang pingsan seketika. Kondisi ini merupakan keadaan yang mengancam nyawa dan membutuhkan penanganan yang serius.

4. Commotio cordis

Commotio cordis adalah penyebab kematian yang diakibatkan pukulan pada dada. Pukulan pada bagian dada oleh tangan atau benda lain dapat menyebabkan gangguan irama jantung. Pukulan dengan kekuatan dan pada waktu yang tepat dapat menyebabkan gangguan irama jantung bernama fibrilasi ventrikel. Kondisi ini jika tidak ditangani dengan cepat, dapat menyebabkan kematian.

Untuk mengetahui penyebab pasti kematian suami maka perlu dilakukan pemeriksaan autopsi. Demikian, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar