Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Keluar Cairan Berwarna Putih Pada Penis

01 Oct 2019, 12:28 WIB
Pria, 25 tahun.

Misi dok mau tanya ini dalam ujung penis saya kok mengeluarkan cairan terus menerus tanpa berhenti, warnanya putih agak ke kuningan tp baunya biasa saja, cara pengobatannya gimana ya dok dan ini adalah penyakit apa?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai keluar cairan berwarna putih pada penis melalui fitur Tanya Dokter.

Izinkan kami bertanya, apakah Anda aktif secara seksual? Apakah ada rasa nyeri pada ujung penis? Apakah ujung penis bengkak dan merah?

Keluar cairan putih pada penis bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun dalam banyak kasus, disebabkan karena infeksi menular seksual. Berikut adalah penyebab keluarnya cairan berwarna putih pada penis karena infeksi menular seksual:

1. Gonore. Biasa disebut dengan kencing nanah. Penyebabnya adalah bakteri Neisseria gonorrhoeae yang menular dari satu orang ke orang lain melalui hubungan seksual. Gejala khas pada penyakit ini yaitu mengeluarkan cairan berwarna krem, kuning atau kehijauan dari penis yang disertai dengan nyeri. 

2. Klamidia. Disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Penularannya juga melalui hubungan seksual. Biasanya gejala dari klamidia ini tidak langsung muncul, tapi muncul sekitar seminggu atau lebih setelah tertular. Gejalanya adalah keluar cairan bening atau keruh dari ujung penis, nyeri, panas, gatal dan ada pembengkakan. 

3. Trikomoniasis. Penyakit kelamin ini disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis. Biasanya terkena pada pria dan wanita yang suka berganti-ganti pasangan dan berhubungan seksual tanpa menggunakan kondom. Gejala pada trikomoniasis lebih lama munculnya daripada klamidia. Pada trikomoniasis biasanya muncul setelah 1 bulan tertular. Gejalanya yaitu sering buang air kecil, nyeri, dan keluar cairan kental pada ujung penis.

Selain penyakit diatas, ada juga hal lain yang dapat membuat keluar cairan berwarna putih pada penis yang bukan karena infeksi menular seksual, seperti adanya infeksi saluran kemih, radang pada ujung penis dan radang pada prostat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter agar mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Demikian yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar