Sukses

Polip Hidung yang Kambuh

30 Sep 2019, 14:47 WIB
Pria, 39 tahun.

Maaf dok saya mau tanya.saya mempunyai penyakit polip hidung.sudah di oprasi 2x tp.kenapa yah tumbuh lg.dan lagi

Terima kasih telah berkonsultasi seputar Polip hidung yang kambuh pada fitur Tanya Dokter

 

Penyakit polip hidung adalah penyakit tumbuhnya jaringan pada rongga hidung yang bersifat jinak. Pada umumnya polip seringkali timbul mengikuti penyakit seperti rhinitis alergi, penyakit asma, sinusitis yang kronis, dan cystic fibrosis. Polip pada hidung biasanya tumbuh pada peradangan selaput lendir di antara rongga sinus dan berwarna keabuan menyerupai buah anggur.

Semakin besar polip, maka polip dapat menyumbat hidung sehingga indera penciuman akan berkurang fungsinya. Jika tidak diobati penyumbatan ini akan mengakibatkan lendir yang dihasilkan sinus terperangkap dan lama kelamaan bakteri bisa muncul dan menyebabkan sinusitis.

Pengobatan polip dibagi menjadi terapi obat dan terapi pembedahan. Terapi obat mengandung kortikosteroid yang nantinya akan mengecilkan polip secara perlahan.

Terapi pembedahan dipertimbangkan apabila :

Membuat jalan nafas menjadi terhalangMenghalangi saluran sinus dimana terjadi aliran lendir atau ingusPolip berhubungan dengan tumorKami menyarankan anda agar berkonsultasi dengan dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan, dan melakukan pemeriksaan jaringan polip untuk mengetahui jenis benjolan poli seperti apakah yang tumbuh tersebut

 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar