Sukses

Keluar Lendir dan Darah dari Vagina

30 Sep 2019, 14:20 WIB
Wanita, 38 tahun.

Saya ibu ,haid rutin 1 bln sekali..tp kali ini baru 2 mggu kok ada gejala mau haid lagi dok..diawali keluar lendir bening,trs lendir campur darah dan sekarang darah yang keluar..ada apa dok ini?

Terima kasih telah berkonsultasi seputar Keluar lendir dan darah dari vagina pada fitur Tanya Dokter

 

Sebelumnya kami ingin menanyakan beberapa pertanyaan, apakah Anda sudah pernah melakukan hubungan seksual? jika jawabannya iya, apakah keluhan ini timbul setelah melakukan hubungan seksual? sejak kapan keluhan ini Anda alami? apakah keluarnya lendir yang bercampur sedikit darah dialami terus menerus selama 2 minggu hingga timbulnya haid atau hilang timbul? bagaimanakah siklus menstruasi Anda? bagaimanakah karakteristik lendir tersebut? Apakah ada keluhan lain yang menyertai?

Secara umum, keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri. Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Lendir yang keluar dari vagina Anda sekitar 10 - 14 hari sebelum haid bisa saja merupakan lendir serviks saja. Peningkatan jumlah lendir serviks pada rentang waktu itu merupakan tanda masa subur. Cairan/lendir tersebut berwarna bening, tidak berbabu, dan elastis. Namun, karena kurangnya data yang Anda paparkan dan tanpa melakukan pemeriksaan fisik langsung, maka kami tidak dapat menentukan penyebab pasti timbulnya bercak darah tersebut.Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk memastikan penyebab keluhan Anda melalui wawancara medis mendetail, pemeriksaan fisik secara langsung. Apabila diperlukan, juga dapat dilakukan pemeriksaan penunjang seperti USG untuk mengetahui ada atau tidaknya gangguan pada rahim Anda.

 

demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar