Sukses

Kulit Mudah Luka

30 Sep 2019, 05:30 WIB
Wanita, 17 tahun.

Selamat malam dok, saya mau tanya saya sering terluka kecil seperti di kaki dan tangan.pada umum nya biasa akan perih namun saya tidak merasa sakit ataupun perih sama sekali dan ini sering terjadi pada bagian tubuh saya sebelah kiri seakan kaki dan tangan saya mati rasa? Apa ini gejala penyakit yang serius? Sebelum nya terimakasih

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com untuk bertanya tentang Kulit Mudah Luka.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda mengenai kulit yang mudah luka dan mati rasa. Gejala tersebut tidak khas untuk penyakit tertentu. Namun salah satunya bisa disebabkan karena diabetes melitus.

Luka yang sulit sembuh memang dapat merupakan komplikasi diabetes atau gula darah yang tinggi (tidak terkontrol). Namun, apakah Anda memiliki gejala-gejala diabetes yang klasik? Untuk mendiagnosa diabetes ada beberapa kriteria, misalnya 

  • Gejala 3 P --> Polidipsi (byk minum), poliuri (banyak pipis) dan polifagi (byk makan) + dengan penurunan berat badan namun juga harus dilakukan pemeriksaan gula darah (pemeriksaan laboratorium). 
  • Atau tidak ada gejala namun hasil lab menunjukkan kondisi diabetes. 

Untuk itu, bila Anda merasa khawatir kami menyarankan agar Anda melakukan pemeriksaan gula darah, seperti: 

  • Gula darah sewaktu 
  • Gula darah puasa ( 8 jam  puasa)
  • Gula darah 2 jam setelah makan
  • HbA 1C
Diagnosis diabetes melitus hanya dapat ditegakkan setelah terbukti dengan pemeriksaan gula darah. Kadar gula darah yang jelas mengindikasikan diabetes adalah yang berada dalam kisaran > 200 mg/dl untuk kadar gula darah sewaktu (GDS) atau >=126 mg/dl untuk kadar gula darah puasa (GDP). dan juga perlu diperiksa Kadar gula darah saat 2 jam setelah minum larutan glukosa 75 gram (2 jam post prandial/2jamPP). Bila kadarnya >=200 mg/dl maka dapat dipastikan Anda menderita diabetes, kadar 140-199 mg/dl dikatakan Anda menderita gangguan toleransi glukosa, dan kadar < 140 mg/dl menandakan bahwa Anda tidak menderita kedua keadaan tersebut (normal). 

Namun, sebelum Anda melakukan pemeriksaan laboratorium ini, sebaiknya Anda dibawa ke dokter untuk dievaluasi lebih lanjut, apakah memang terdapat kekecurigaan ke awah diagnosis diabetes melitus.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar