Sukses

Gigi Kuning Yang Tidak Bisa Dihilangkan

27 Sep 2019, 10:25 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok saya mau tanya kemarin waktu saya ke dokter gigi membersihkan karang gigi terus dokternya bilang gigi saya kuningnya gak bisa di hilangin, pendapatnya dong dok ?

Terima kasih sudah bertanya seputar gigi kuning yang tidak bisa dihilangkan melalui fitur Tanya dokter.

Gigi yang menguning dapat disebabkan oleh 2 faktor, yaitu noda ekstrinsik dan noda instrinsik. Noda ekstrinsik berasal dari asupan makanan dan minuman yang memengaruhi permukaan enamel, yakni lapisan gigi yang keras dan terluar. Contohnya seperti kopi, anggur atau teh. Selain itu, kebiasaan buruk seperti merokok dan mengunyah tembakau juga dapat membuat gigi menjadi kuning. Sedangkan noda instrinsik adalah noda yang berasal dari dalam tubuh dan sulit untuk dihilangkan. Contohnya seperti penggunaan antibiotika atau efek dari perawatan kemoterapi.

Noda-noda yang berasal dari faktor instrinsik bisa dihilangkan dengan rutin menjaga kebersihan gigi seperti sikat gigi secara teratur dan membersihkan karang gigi setiap 6 bulan sekali. Namun, jika gigi yang kuning berasal dari faktor instrinsik harus dilakukan perawatan seperti bleaching. Tehnik ini cukup populer untuk mengatasi perubahan warna gigi, namun pada perubahan warna akibat tetrasiklin (antibiotik) yang berat tehnik ini tidak dianjurkan, karena tingkat keberhasilannya yang rendah. Tehnik lain yang dapat mengembalikan nilai estetik gigi depan yang rusak akibat tetrasiklin adalah mahkota gigi tiruan dan veneer. 

Baca juga artikel terkait :

Ingin Memutihkan Gigi dengan Bleaching? Perhatikan Ini!

Benarkah Veneer Gigi Sebabkan Gigi Ngilu?

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar