Sukses

TBC paru

27 Sep 2019, 00:16 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat malam, Dok saya ingin bertanya. Salah satu adik saya terdiagnosa penyakit TB Dan saat ini sedang dalam perawatan di RS Karena dokter menyebutkan bahwa Ada semacam benjolan/tumor juga di paru2 nya. Kira2 apa yang penyebabnya? Padahal di keluarga tidak punya riwayat penyakit seperti itu. Untuk makanan Dan kebersihan, kami selalu menjaga. Dan satu lagi apakah saya, orang tua Dan adik saya yg lain perlu melakukan pemerikasaan sebagai tindakan pencegahan? Karena yang saya tahu virus TB ditularkan melalui udara dari batuk, bersin bahkan ludah si penderita.

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur tanya Dokter.

Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya.

Kami mengerti kekhawatiran anda, penyakit TBC akibat bakteri tuberculosis memang butuh pengobatan secara sabar dan taat. Sebelumnya kami perlu tanyakana, benjolan apakah yang dimaksud dokter? apakah abses atau memang tumor? abses paru memang bisa terjadi akibat komplikasi dari infeksi bakteri TBC tersebut. abses merupakan kantung yang berisi cairan nanah akibat proses infeksi yang terjadi dan ini memang membutuhkan perawatan karena bisa berdampak pada fungsi paru dan infeksi yang lebih lanjut. selain itu, tumor atau kanker paru akibat TBC bisa saja terjadi tetapi kemungkinannya sangat kecil, saya asumsikan benjolan yang dimaksud dokter adalah abses paru.

betul, TBC menular melalui droplet air liur yang menyebar di udara dan jika terhirup oleh orang dengan sistem imun yang sedang tidak prima dapat menyebabkan penularan TBC. kami sarankan jika anda sekeluarga serumah, periksakan dahak anda untuk mengetahui apakah adanya penularan atau tidak sehingga dapat cepat ditangani dan tidak menimbulkan efek lebih lanjut. 

mengenai hal ini anda bisa membaca:

5 gejala awal TBC

yang harus dilakukan saat kena TBC

arti kesehatan dibalik warna dahak

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.  

1 Komentar

  • binti

    selamat pagi dok maaf mau tanya..ini ayah saya difonis TBC...tp setelah minum obatnya dada terasa panas..susah makan..badan lemah riwayat lain diabetes..konsumsi obat diabet sudah lebih 1th itu bagaimana ya dok kalau misal diberhentiin obat tb nya...sebelumnya tidak pernah merasakan dada panas terimakasih..mohon jawabannya dok