Sukses

Bilirubin pada Bayi Baru Lahir

26 Sep 2019, 07:08 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok mau nanya : anak saya baru lahir dgn cara Tidak normal,nafas nya upnea badan nya biru dgn BB/PB 2,700gram/48,5cm dan bilirubin total 8 , setelah di rawat 1 minggu nafas nya udah mulai normal badan nya juga udh ga biru tinggal bilirubin nya yg naik yg awal nya 8 jadi 10 pdhl udh di terapi selama 1 minggu apakah ada mslh dgn anak saya dok ?

Terimakasih sudah bertanya seputar kadar bilirubin pada bayi dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Pada bayi normal, kadar bilirubin umumnya akan meningkat mulai hari ke-2 dan mencapai puncaknya pada hari ke-5 atau ke-7. Selanjutnya, bilirubin akan menurun kembali kadarnya sampai hari ke-10.

Bila ikterus atau kuning ini bersifat fisiologis, kadar birilubin tersebut akan berkisar antara 5-7 mg, dan tidak melebihi 12 mg. Namun, jika kadar bilirubin ini mencapai 15 mg, perlu dilakukan penanganan khusus. Jika terlambat mendapat perawatan, bayi bisa mengalami kejang, cacat otak, bahkan meninggal dunia. Pada bayi dengan bilirubin tinggi, maka fototerapi (terapi sinar biru) perlu dilakukan. Karena kadar bilirubin yang tinggi dapat menyebabkan keracunan pada otak bayi, yang akhirnya dapat menyebabkan retardasi mental atau palsi serebral.

Berikut ini merupakan tautan artikel yang dapat Anda baca untuk menambah wawasan Anda :

Bayi Anda Kuning, Haruskah Khawatir?

Penyebab Bayi Kuning setelah Lahir

Demikian informasi yang dapat disampaikan mengenai kadar bilirubin pada bayi, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar