Sukses

Haid Tidak Teratur

25 Sep 2019, 09:23 WIB
Pria, 21 tahun.

Saya sudah 4 bulan tidak haid, sudah di tespek hasil nya negatif, dan merasakan juga tanda2 akan datang haid, tetapi tidak kunjung haid, itu kenapa ya dokter?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai haid tidak teratur melalui fitur Tanya Dokter.

Haid tidak teratur memang dapat menjadi hal yang mengkhawatirkan. Siklus haid tiap wanita berbeda-beda.  Normalnya, wanita akan mengalami haid dengan siklus 28-36 hari. Namun ada kalanya haid akan datang lebih cepat atau bahkan telat. Beikut penyebab haid tidak teratur:

- Stres. Ketika stress, hormon-hormon dalam tubuh bisa jadi terganggu. Stress menyebabkan hormon kortisol meningkat dan mengacaukan hormon-hormon yang mengatur ovulasi wanita, sehingga menyebabkan haid tidak teratur. Cobalah lebih rileks dan mengurangi beban pikiran dengan olahraga atau hangout dengan teman.

- Penggunaan KB. Penggunaan kb dapat juga membuat telat haid. Karena Kb mengandung hormon yang dapat mengacaukan hormon yang ada di dalam tubuh. Penggunaan kb, misalnya pil kb, yang tidak teratur juga dapat membuat haid jg menjadi tidak teratur.

- Berat badan. Baik itu berat badan berlebih atau berat badan turun, dapat menyebabkan telat haid.Kedua hal ini menyebabkan fungsi tubuh terganggu dan akan terjadi perubahan hormonal wanita, sehingga akan telat haid.

- PCOS. Sindrom Ovarium Polikistik disebabkan oleh adanya gangguan pada sistem metabolisme dan kelainan hormon. Biasanya orang-orang yang mengidap PCOS memiliki berat badan berlebih, jerawatan, banyak muncul bulu halus di wajah, dan akan sering mengalami telat haid. Hal ini dapat diatasi dengan memperbaiki gaya hidup. 

Ada banyak penyebab haid tidak teratur, dari yang hal kecil sampai hal serius. Jika Anda telat haid lebih dari 90 hari, kami sarankan Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis agar mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat. Demikian yang dapat disampaikan mengenai sering telat haid, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar