Sukses

Suplemen Yang Mengandung Ginkgo Biloba

23 Sep 2019, 20:59 WIB
Wanita, 62 tahun.

Selamat sore Dokter.. Saya Hela, berumur 62 tahun dah mendapat hadiah suplemen ginkgo biloba dari kerabat saya. Saat saya membaca efeksamping dan resiko dari penggunaaan ginkgo biloba, saya menjadi agak takut utk mengkonsumsinya. Saya takut tidak cukup aman karena saya ada baca artikel yg bilang kalau sekarang penggunaan ginkgo biloba tidak terlalu disarankan? Apakah itu benar dokt? Saya merasa ingin mengkonsumsinya sebagai suplemen karena sudah dibelikan untuk saya. Saya tidak ada keluhan maupun kelemahan fisik yg saya rasakan, hanya mau mengkonsumsi sebagai suplemen saja.. waktu dulu pernah sekali dikatakan dokter ada sedikit pembengkakan di jantung dan sedikit kolestrol. Dan juga sakit sendi tangan.. Kira2 boleh kah Dokt? Mohon informasinya, terima kasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai suplemen yang mengandung ginkgo biloba melalui fitur Tanya Dokter.

Giinkgo biloba adalah tanaman yang digunakan sebagai obat herbal yang dipercaya memiliki efek baik terhadap kesehatan. Tanaman ini memiliki khasiat dapat mengatasi gangguan memori, gangguan mood, dan memperlancar sirkulasi darah. Oleh karena itu banyak beredar di pasaran suplemen yang mengandung ginkgo biloba. Setiap obat- obatan memiliki efek samping tertentu, termasuk ginkgo biloba ini. Efek sampingnya adalah:

- mual

- sakit kepala

- alergi 

- gangguan pencernaan

- mengantuk

- membuat tekanan darah lebih tinggi atau rendah

- membuat kadar gula darah menjadi rendah

Selain efek samping yang disebut diatas, alasan lain tidak boleh mengkonsumsi obat secara sembarangan adalah karena adanya interaksi obat. Misalnya Anda sedang menjalani pengobatan atau ada obat yang rutin diminum tiap hari. Oleh karena itu, tidak disarankan mengkonsumsi suplemen yang mengandung ginkgo biloba tanpa pengawasan dari dokter. Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter untuk mengetahui apakah suplemen tersebut aman dikonsumsi atau tidak. Demikian yang dapat disampaikan mengenai suplemen yang mengandung gingko biloba, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar