Sukses

Makanan Untuk Penderita DM
18 Sep 2019, 17:11 WIB
Pria, 49 tahun.

bolehkah penderita diabetes mengkonsumsi lontong dan bubur nasi? ada kah efeknya bagi gula darah?

Terima kasih telah berkonsultasi seputar makanan uuntuk pasien dm pada fitur Tanya Dokter

 

Penderita diabetes perlu hati-hati saat menyantap makanan. Selain dengan pengobatan, diabetes juga perlu ditangani dengan mengikuti pola makan khusus, yang disebut terapi nutrisi medis. Pada penderita diabetes, terapi ini menganjurkan konsumsi makanan bergizi yang rendah lemak dan kalori, agar kadar gula darah mereka tetap terkontrol.

Berikut ini contoh pilihan makanan yang baik untuk penderita diabetes:

Makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh atau karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, ubi panggang, oatmeal, roti, dan sereal dari biji-bijian utuh. Daging tanpa lemak atau ayam tanpa kulit. Sayur-sayuran yang diproses dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, atau dikonsumsi mentah. Sayuran yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes di antaranya adalah brokoli dan bayam. Buah-buahan segar. Jika Anda ingin menjadikannya jus, sebaiknya jangan ditambah gula.Kacang-kacangan, termasuk kacang kedelai dalam bentuk tahu yang dikukus, dimasak untuk sup, atau ditumis. Popcorn tawar. Produk olahan susu rendah lemak, seperti yoghurt dan telur. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi yoghurt rendah lemak tanpa pemanis tambahan dapat mencegah penyakit diabetes tipe 2.

Berbagai jenis ikan, seperti tuna, salmon, sarden dan makarel. Namun, hindari ikan dengan kadar merkuri tinggi, misalnya ikan tongkol.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar