Sukses

Cacar Air atau Varicella Zoster

18 Sep 2019, 13:07 WIB
Wanita, 31 tahun.

Selamat Siang Dok, kebetulan saya belum pernah mengalami cacar air sejak kecil dan baru terserang penyakit itu ketika sudah dewasa. Saat ini saya sudah mengkonsumsi obat acyclovir, vitamin C dosis tinggi dan cukup minum air putih serta asupan makan. Ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan Bu Dokter. Pertama, dari beberapa bintil cacar yang ada di tubuh saya, mengapa hanya satu yang berair sedangkan bintil yang lain hanya kemerahan (durasi muncul hampir bersamaan). Apakah bintil cacar air harus berair untuk dapat sembuh? Kedua, benarkah dengan meminum air asam gula jawa dapat menyembuhkan cacar air? Sehigga di kemudian hari tidak akan muncul lagi cacar air? Sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan terima kasih atas penjelasnya.

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter.

Biasanya lentingan yang muncul di kulit akan berjumlah kurang dari 50. Selain itu, virus Varicella zoster juga dapat menetap di dalam tubuh menjadi tidak aktif setelah gejala penyakit cacar air menghilang.  Tidak pengaruh apakah berari atau tidak, seiring dengan waktu akan sembuh sempurna. Asalkan tidak digaruk karena berisiko infeksi jika kuku kotor. 

Dalam beberapa tahun mendatang, virus ini dapat aktif kembali jika daya tahan tubuh orang tersebut menurun. Kemudian menyebabkan penyakit yang dinamakan herpes zoster (virus sama namun bentuk penyakit berbeda yaitu bukan cacar air). 

Oleh karena itu bagi Anda yang sudah pernah terkena cacar air juga perlu selalu menjaga daya tahan tubuh. Tindakan ini seperti halnya pencegahan yang dilakukan orang yang belum terkena  cacar air sebelumnya.

Untuk air asam gula jawa secara medis belum terbukti dapat mempercepat penyembuhan cacar air. 

Demikian, semoga bermanfaat. 

 

0 Komentar

Belum ada komentar