Sukses

Rongten Positif BTA Negatif

18 Sep 2019, 13:07 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok sya pernah rongent 2x dan hasilnya sama, hasilnya TB paru aktif, tapi saya merasa ada gejala seperti pasien TB pada umumnya, saya hanya merasa sesak aja, trus pemeriksaan sputum TCM nya hasilnya negatif, kira2 saya benaran TB apa gimana dok?

Terimakasih Anda telah menggunakan fitur tanya dokter mengenai TBC. 

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman Mycobacterium tuberculosis yang bersifat sistemik, yang dapat bermanifestasi pada hampir semua organ tubuh dengan lokasi terbanyak di paru yang biasanya merupakan lokasi infeksi primer. TBC ditularkan melalui airbone/udara. 

Berdasarkan hasil pemeriksaan dahak, TB paru dapat dibagi menjadi :

- TB paru BTA positif, yaitu bila sekurang-kurangnya 2 dari 3 pemeriksaan sediaan dahak SPS hasilnya positif atau sediaan dahak hasilnya BTA positif dan pemeriksaan foto rontgen dada menunjukkan gambaran tuberkulosis aktif.

- TB paru BTA negatif rontgen positif, yaitu bila semua sediaan dahak SPS hasilnya negatif tapi foto rontgen ada menunjukkan gambaran TB aktif. TB paru BTA negatif rontgen positif dibagi berdasarkan tingkat keparahan penyakitnya, yaitu bentuk berat dan ringan. Bentuk berat bila gambaran foto rontgen dada memperlihatkan kerusakan paru yang luas, seperti adanya proses milier dan atau keadaan umum penderita buruk.

Sehingga dari hasil rontgen anda dapat dikatakan bahwa anda menderita TB dengan BTA negatif rontgen positif dan tetap harus menjalani pengobatan TB sesuai anjuran dokter. 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat 

0 Komentar

Belum ada komentar