Sukses

Mata Merah

18 Sep 2019, 09:58 WIB
Pria, 28 tahun.

siang dok, mata saya ini udah 2 minggu merah ,seperti ada sesuatu kadang jika berkedip terasa perih udah pergi ke dokter dan bidan tapi blom sembuh juga dok.solusi terbaiknya gimana ya dok?trims

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai mata merah melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Mata merah memang membuat sangat tidak nyaman, dapat mengganggu aktifitas dan penampilan. Penyebabnya pun beragam. berikut adalah penyebab tersering yang dapat membuat mata merah:

- Konjungtivitis. Ini adalah infeksi mata yang paling umum. Hal ini trjadi karena adanya peradangan pada selaput yang melapisi bola mata dan kelopak mata bagian dalam. ini adalah penyakit yang menular. Selain mata merah, gejalanya berupa belekan, mata berair dan gatal.

- Dry Eye.  Terjadi ketika kelenjar air mata tidak memproduksi cukup banyak cairan mata, baik dari segi kuantitas dan kualitas, untuk melumasi mata Anda. Akibatnya, hal tersebut membuat mata Anda jadi kering dan teriritasi sehingga terlihat memerah.

- Alergi. Ini merupakan penyebab mata merah yang tergolong sering, mengingat bahwa mata merah adalah salah satu indikator umum dari reaksi alergi. Ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap zat asing, seperti serbuk sari, bulu hewan peliharaan, debu atau zat kimia tertentu yang ditemukan dalam makeup atau cairan lensa kontak, tubuh yang sensitive terhadap zat tersebut akan melepaskan histamin sebagai bagian dari respon inflamasi yang terjadi untuk "melawan" alergen pelakunya. Akibatnya, histamin dilepaskan, ini adalah zat yang dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah di mata sehingga membuat mata menjadi merah dan berair.

Selain yang disebutkan diatas, masih banyak penyebab mata merah yang mungkin pertanda dari penyakit serius pada mata. Untuk itu kami sarankan Anda untuk memeriksakan mata Anda dengan dokter spesialis mata, agar dapat dievaluasi penyebab dari mata merah Anda dengan baik. Demikian yang dapat disampaikan mengenai mata merah, semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar