Sukses

Nyeri Pada Bahu

18 Sep 2019, 09:32 WIB
Wanita, 37 tahun.

Dear Dokter, 6 bulan belakangan ini, setiap saya haid hari pertama selalu nyeri yang sangat di bahu sebelah kanan. Saat bernafas panjang terasa sekali nyerinya, serba salah tidak digerakkan nyeri terasa apabila digerakkan lebih nyeri. Sudah diberi analgesic cream tetapi tidak membantu banyak. Nyeri ini sangat mengganggu aktivitas saya yang bekerja, mohon bantuannya. Terima kasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai nyeri pada bahu melalui fitur Tanya Dokter. 

Nyeri pada bahu memang dapat mengganggu aktifitas karena dapat menghambat kemampuan gerak. Secara umum, nyeri pada bahu dapat disebabkan karena adanya masalah di otot, tulang, sendi, tendon dan saraf disekitarnya. Berikut adalah  penyebab tersering nyeri pada bahu:

1. Frozen shoulder. ini adalah kondisi yang membuat Anda tidak bisa menggerakkan bahu secara leluasa karena adanya penebalan, pembengkakan,kaku pada jaringan sendi yang berada di sekitar bahu. Frozen shoulder dapat terjadi karena adanya cedera atau penggunaan yang berlebihan pada bahu.

2. Dislokasi. Ini terjadi ketika tulang bahu terlepas dari tempat sendinya. sehingga akan merasakan sakit yang teramat sangat. Dislokasi juga bisa terjadi karena cedera.

3. Tendinitis. Ini dapat disebabkan karena penggunaan bahu yang berlebihan seperti berolahraga angkat beban, baseball, golf,dll. Menggunakan persendian bahu terlalu sering atau keras dalam jangka panjang dapat menyebabkan jaringan halus di dalam bahu lebih mudah aus sehingga bahu jadi lebih rentan terhadap cedera. 

Selain dengan penggunaan obat anti nyeri, Anda juga bisa mengurangi nyeri nya dengan tidak melakukan aktifitas berat, dan kompres es pada bahu yang cedera selama kurang lebih 20 menit. Jika nyeri pada bahu dirasakan terus-terusan, tidak berkurang dengan pengobatan, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis rehabilitasi medis untuk pemeriksaan dan penanganan yang tepat. Demikian yang dapat disampaikan mengenai nyeri pada bahu, semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar