Sukses

Perdarahan Pada Kanker Serviks
17 Sep 2019, 11:03 WIB
Wanita, 22 tahun.

Assalamualaikum dok. Saya mau bertanya dok, kalau pendarahan yang terkena kanker serviks itu volume darahnya sebanyak apa ya dok? Dan pendarahannya terus menerus apa ada berhentinya?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

 Terima kasih telah bertanya mengenai perdarahan pada kanker serviks melalui fitur Tanya Dokter.

Kanker serviks bermula ketika sel-sel di leher rahim mulai bertumbuh di luar kendali. Sel-sel baru berkembang dengan sangat cepat, menciptakan tumor di leher rahim. Kanker serviks adalah salah satu kanker yang paling banyak diderita perempuan di seluruh dunia. Hampir semua kasus kanker serviks disebabkan oleh human papillomavirus atau HPV. Virus ini seringkali ditularkan melalui hubungan seksual tanpa pengaman. Pada stadium awal kanker serviks biasanya tidak bergejala. Oleh karena itu, banyak penderita kanker serviks yang terdiagnosis saat stadium lanjut. Gejala-gejala yang dapat muncul pada penderita kanker serviks, adalah:

- Perdarahan diluar siklus haid, perdarahan setelah berhubungan, bahkan perdarahan setelah menopause. Perdarahan pada kanker serviks umumnya tidak normal. Volumenya pun bisa banyak dan sedikit. 

- Nyeri saat berhubungan seks

- Keputihan yang tidak normal

- Nyeri panggul

Kanker serviks bisa dicegah, yaitu dengan melakukan pemeriksaan tes IVA dan Pap Smear. Tes ini bisa menunjukkan perubahan sel abnormal pada leher rahim sebelum berubah menjadi kanker, sehingga kanker serviks bisa dicegah. Selain itu juga sudah ada vaksinasi HPV.  Vaksin ini membuat tubuh menciptakan antibodi untuk melawan virus HPV, sehingga tubuh bisa menciptakan pertahanan yang lebih kuat. 

Demikian yang dapat disampaikan mengenai perdarahan pada kanker serviks, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar