Sukses

Nyeri Perut Setelah Keguguran

17 Sep 2019, 09:26 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok.. mau tanya knp setelah aborsi perut kq rasa.e nyeri banget 3hari setelah aborsi Untuk solusinya gimana ya dok

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri perut setelah keguguran melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keguguran adalah kegagalan kehamilan karena ketidakmampuan janin bertahan hidup hingga mencapai usia kehamilan 20 minggu atau karena berat janin dibawah 500 g. Apabila janin meninggal saat usia kehamilan lebih dari 20 minggu, kejadian ini disebut sebagai lahir mati (KJDR). 

Tanda umum yang muncul saat terjadi keguguran adalah adanya perdarahan baik dalam jumlah sedikit atau banyak dan disertai dengan rasa nyeri perut bagian bawah yang menjalar hingga punggung dan pinggul, kram, dan keluarnya cairan dari vagina. Pilihan tindakan kuret akan diambil dokter apabila janin sudah tidak bisa diselamatkan. Prosedur kuret dilakukan setelah pemberian anestesi umum dan biasanya setelah proses kuret selesai, Anda akan diminta untuk beristirahat total (bedrest) selama beberapa waktu untuk masa pemulihan. Setelah prosedur kuret juga biasanya dokter akan meresepkan beberapa obat, salah satunya obat anti nyeri untuk mengatasi efek samping kuret.  Dalam masa pemulihan tersebut, biasanya Anda akan mengalami beberapa efek samping normal yang timbul dari prosedur kuret, misalnya mual, muntah, nyeri perut, perdarahan ringan melalui vagina, nyeri payudara. 

Meskipun prosedur kuret adalah prosedur yang dinilai cukup aman, tetapi pada beberapa kasus terdapat kejadian timbulnya komplikasi. Komplikasi yang paling banyak terjadi adalah terjadinya infeksi karena proses kuret yang kurang bersih/tidak komplit atau terjadinya paparan bakteri pada vagina. Gejala yang menunjukkan tanda-tanda infeksi antara lain cairan berbau yang keluar dari vagina, demam, nyeri pada panggul. Jika Anda merasakan nyeri perut yang bertambah hebat setelah keguguran dan timbul gejala infeksi, kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter Anda. Demikian yang dapat disampaikan mengenai nyeri perut setelah keguguran, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar