Sukses

Bisul di Hati

17 Sep 2019, 09:26 WIB
Pria, 18 tahun.

Asalamualaikum dok...saya punya suami suami saya terkenasakit bisul di hati dok...gman yq cra ngobatinya dan apa penyebab nya

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya seputar bisul di hati melalui fitur Tanya Dokter. 

Bisul di hati dalam istilah kedokteran disebut sebagai abses hepar/hati. Abses hepar/hati adalah kumpulan nanah di hati yang disebabkan oleh infeksi. Nanah adalah cairan yang terbuat dari sel-sel darah putih, sel-sel mati dan bakteri. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dan bengkak di perut.

Abses hati bisa disebabkan karena bakteri, amoeba dan jamur. Abses hati yang disebabkan oleh bakteri disebut abses hati pyogenik. Kondisi peradangan seperti usus buntu, divertikulitis, dan kolesistitis sering menyebabkan sebagian besar kasus abses hati. Parasit serangga seperti amoeba juga menyebabkan nanah. Anda bisa terkena parasit ini dengan mengonsumsi makanan atau air yang telah terkontaminasi dengan feses. Hal ini biasanya disebabkan oleh penanganan makanan yang tidak sehat dan kebiasaan kebersihan yang buruk. Di seluruh dunia, abses hati yang paling umum adalah abses hati pyogenic karena Amoeba.

Karena penyebab bisul di hati ini adalah bakteri,amoeba dan jamur, maka pengobatan terbaik untuk bisul hati adalah dengan membuang nanah dan terapi antibiotik. Sebagian besar pasien memerlukan dua atau tiga macam antibiotik. Biasanya, antibiotik diberikan melalui cairan infus sampai demam dan radang membaik. Dokter Anda mungkin akan menggunakan jarum yang dipasang di abses hati dan mengisap infeksi.

Untuk mendapatkan pengobatan yang maksimal terkait dengan penyakit suami Anda, kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter. Demikian yang dapat disampaikan mengenai bisul di hati, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar