Sukses

Kaki Kanan Sakit

17 Sep 2019, 08:50 WIB
Pria, 20 tahun.

Sakit di sisi sebelah kiri tulang kering kaki kanan penyebab nya apa ya dokter?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai kaki kanan sakit melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah Anda sering melakukan pekerjaan berat? Apakah sakitnya terus-terusan atau hilang timbul? Apakah kaki kanan Anda sulit digerakkan? Apakah ada riwayat trauma/terjatuh sebelumnya?

Sebagai salah satu bagian tubuh yang paling sering bekerja, normal rasanya jika kita merasakan rasa sakit pada kaki. Namun, rasa sakit pada kaki tidak melulu disebabkan oleh stres. Rasa sakit juga mungkin merupakan gejala dari suatu penyakit tertentu, cedera, atau luka, serta dapat muncul karena alasan sederhana seperti penggunaan ukuran sepatu yang salah. Kegiatan pekerjaan dan olahraga juga dapat mengakibatkan rasa sakit pada kaki. Penyakit seperti radang sendi juga dapat berujung pada rasa sakit yang dapat bertahan selama berjam-jam, berhari-hari, bahkan lebih.

Berikut adalah beberapa penyebab dari kaki sakit:

- Kram. Penyebab utama nyeri kaki adalah kejang otot. Kram biasanya dapat memicu rasa nyeri yang tiba-tiba dan nyeri yang tajam saat otot kaki sedang berkontraksi. Otot-otot yang mengencang sering membentuk benjolan keras yang dapat terlihat di bawah kulit. Mungkin pada beberapa orang juga akan tampak kemerahan dan disertai pembengkakan di daerah sekitar kakinya. Kelelahan otot dan dehidrasi dapat menyebabkan kram kaki, terutama di bagian betis.

- Tendinitis adalah radang tendon. Tendon merupakan tali tebal yang berfungsi untuk menyatukan otot-otot ke tulang. Ketika terjadi peradangan tendon, maka seseorang akan sulit untuk menggerakkan tendon tersebut. Tendinitis sering terjadi di tendon pada daerah paha atau di dekat tulang tumit.

- Shin splints merupakan suatu cedera yang dapat menyebabkan rasa sakit di sepanjang tepi bagian dalam tulang kering, atau tibia. Cedera dapat terjadi ketika otot-otot di sekitar tulang kering robek akibat terlalu sering digunakan.

- Arthritis adalah peradangan sendi. Kondisi ini dapat menyebabkan pembengkakan, rasa sakit, dan kemerahan di area yang mengalami arthritis. Peradangan ini sering terjadi di daerah sendi di lutut dan pinggul.

- Tumor yang jinak maupun ganas juga dapat berkembang di tulang paha atau tulang kering.

Untuk meredakan nyeri secara sementara, Anda bisa mengompres kaki kanan Anda yang sakit dengan air dingin/es batu selama 10-15 menit setiap kali nyerinya muncul. Atau Anda juga bisa memberi tumpuan seperti bantal dibawah kaki kanan yang sakit untuk membantu meningkatkan sirkulasi. Jika kaki kanan sakit yang Anda alami tidak juga sembuh dan membaik, kami sarankan Anda berkonsultasi denga dokter spesialis tulang untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait dengan keluhan Anda. Demikian yang dapat disampaikan mengenai kaki kanan sakit, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar