Sukses

Alat Braces Lepas, Berbahayakah?

16 Sep 2019, 19:25 WIB
Wanita, 20 tahun.

Halo dok, saya mau bertanya. Sekitar satu minggu yang lalu saya sempat memasang kawat gigi pada gigi bawah, dikarenakan gigi bawah yang terbilang cukup berantakan dan parah maka dokter yang bersangkutan memberitahu bahwa ada salah satu braces yang rawan untuk copot, dimana posisinya berada di gigi geraham namun bukan braces yang fungsingnya untuk mengunci kawat melainkan braces yg didepannya. Yg ingin saya tanyakan ialah apabila salah satu braces lepas dari gigi apakah secara tidak langsung akan mempengaruhi proses kerja dari behel tersebut atau bagaimana ya? Dikarenakan posisi braces yang copot ialah yang sebelumnya sudah diberitahukan oleh dokter yg bersangkutan. Apabila saya baru kontrol satu minggu kedepan apakah akan ada pengaruh buruknya? Lalu pertanyaan kedua, apakah ketika kontrol kawat gigi untuk mengganti karet itu harus dilakukan pada kedua gigi yaitu atas dan bawah atau bisa dilakukan penggantian pada salah satunya saja ya dok? Dikarenakan aaya telah memasang kawat gigi atas sekitar setahun lalu dan kawat gigi bawah sekitar seminggu yang lalu sehingga saya ingin fokus untuk mempercepat proses perapihan gigi yg bawah saja. Misalnya setiap satu bulan sekali saya mengganti karet yang atas dan setiap 2minggi sekali saya ingin mengganti karet yang bawah. Terimakasih dok.

Terima kasih sudah bertanya seputar alat braces lepas, berbahayakah melalui fitur Tanya Dokter.

Perawatan memakai braces memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Pada tahap awal, dokter gigi akan menggunakan kawat/wire yang tipis. Kawat yang tipis ini sifatnya sangat lentur dan fleksibel, sehingga mudah keluar dari slot braces paling ujung apabila anda sering menggunakan area gigi tersebut untuk mengunyah, terutama makanan yang keras.

Braces paling ujung disebut juga buccal tube, memiliki slot untuk menahan bagian ujung kawat. Buccal tube adalah braces yang paling besar kemungkinannya untuk lepas, karena letaknya di gigi geraham yang digunakan untuk mengunyah. Apabila kasus gigi anda tidak terlalu parah, maka kejadian tersebut tidak terlalu mempengaruhi jalannya perawatan braces anda.

Sedangkan pada pertanyaan kedua, mengenai penggantian karet gigi, kami tidak dapat memastikannya tanpa pemeriksaan langsung. Anda bisa menanyakan hal tersebut kepada dokter gigi yang sudah menangani Anda. Saran saya, ikuti instruksi yang diberikan oleh dokter gigi anda agar perawatan braces berjalan lancar, cepat dengan hasil yang sesuai dengan harapan anda.

Baca juga artikel terkait :

Mengenal Perawatan Orthodontik

Dampak Negatif Kawat Gigi yang Perlu Anda Tahu

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar