Sukses

Nyeri Pinggang Disertai Gejala Myalgia
16 Sep 2019, 15:51 WIB
Wanita, 40 tahun.

pingang sering sakit, kaki dan tangan saya juga sering terasa kram dan ngilu, semua sendi sendi terasa sakit kayak mau terlepas semua terutama kaki saya yang sangat sakit itu dok, tolong kasuh tau saya obat apa yg baik buat saya

Terima kasih telah berkonsultasi seputar Nyeri pinggang dan gejala myalgia pada fitur Tanya Dokter

 

Myalgia adalah nyeri otot, yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti stress, penggunaan otot berlebihan, cedera, dan sebagainya. Pada kasus Anda, kemungkinan myalgia yang terjadi adalah karena riwayat cedera. Myalgia bersifat terlokalisir atau mempengaruhi satu atau beberapa bagian otot atau anggota tubuh. Myalgia juga dapat dicetuskan oleh hal lain seperti infeksi, radang sendi, obat-obatan, gangguan pembuluh darah, dan sebagainya.

Selain fisioterapi di rumah sakit, beberapa cara yang merupakan tatalaksana cedera otot yang dapat Anda lakukan di rumah adalah:

Mengistirahatkan bagian tubuh yang cedera, sedangkan bagian tubuh yang tidak cedera boleh tetap melakukan aktivitas. Tujuan mengistirahatkan bagian tubuh yang cedera adalah:

- Mencegah cedera lebih lanjut

- Membuat proses penyembuhan jaringan menjadi lebih cepat

 

Meletakkan kantung berisi es pada area yang nyeri. Penggunaan es pada cedera jaringan lunak adalah:

- Membatasi pembengkakanMengurangi nyeri

- Mengurangi spasme ototPemberian es dilakukan dengan memasukkan pecahan es ke dalam kantung plastik seluas area cedera atau lebih. Setelah itu bungkus plastik dengan handuk yang sudah dibasahi, kemudian ditempelkan pada area cedera. Kemudian tutup dengan elastic verban melebihi permukaan dari kantung es tadi. Pemberian es dapat diulang setiap 2-4 jam. 

Anda dapat mengonsumsi obat anti nyeri yang dijual bebas untuk mengurangi gejala, contohnya golongan NSAID, maupun Acetaminophen, pastikan Anda tidak memiliki riwayat alergi obat golongan tersebut. Hindari konsumsi di atas dosis yang dianjurkan karena dapat mempengaruhi proses penyembuhan otot.

Konsultasikan dengan dokter Anda jika terdapat gejala berikut, meskipun belum tiba jadwal kontrol Anda.

nyeri otot yang semakin berat, atau tidak kunjung sembuh (> 1 minggu)

tanda infeksi, seperti pembengkakan, kemerahan pada area yang nyeri

kelemahan otot yang ekstrem pada area yang nyeri

 

Untuk posisi tidur, Anda dapat mencoba menambahkan bantal kecil atau handuk kecil yang digulung untuk diletakkan di bawah leher, tambahkan bantal ekstra di bawah area bahu-dada kiri agar Anda merasa lebih nyaman dan tidak sesak, atau letakkan bantal di antara kedua lutut kaki Anda ketika tidur menyamping, agar posisi tulang belakang dari leher sampai tulang ekor tetap sejajar.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar