Sukses

Tangan Kesemutan

16 Sep 2019, 14:10 WIB
Pria, 40 tahun.

Selamat pagi dokter, saya minta bantu kenapa tangan kanan saya selalu kesemutan bila beraktifitas

Terima kasih telah bertanya tentang Tangan Kesemutan melalui fitur Tanya Dokter.

Tangan kesemutan bisa disebabkan oleh gangguan saraf salah satunya oleh carpal tunnel syndrome (CTS).

Keluhan CTS umumnya dirasakan di pagi atau malam hari berupa kaku dan kesemutan pada jari manis hingga kelingking. Kebanyakan kasus CTS adalah idiopatik atau tidak memiliki penyebab khusus. Kalaupun ada biasa terkait dengan kebiasaan melakukan gerakan yang menggunakan pergelangan tangan, seperti saat naik motor, mengetik, memasak, memotong, dsb. CTS seringkali terjadi pada tangan yang dominan.

Apabila memang Anda mengalami CTS, tindakan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengistirahatkan tangan yang terkena (imobilisasi) dengan menggunakan splint atau wristband. Syaratnya, harus menutupi seluruh sendi pergelangan tangan sehingga sulit ditekuk. Prinsipnya sendi ini harus dalam keadaan lurus. Sebisa mungkin splint/wristband digunakan sepanjang hari, terutama saat tidur malam. 

Selain itu diberikan juga obat untuk mengurangi pembengkakan yang menyebabkan saraf terjadi. Cara lain adalah dengan suntikan steroid langsung pada saraf yang terkena. Pada kondisi berat dapat dilakukan operasi untuk melepaskan jepitan saraf tersebut. Operasi dilakukan bila pengobatan gagal dan jepitan saraf telah membuat otot yang dipersarafinya mengecil.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Tangan Kesemutan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar