Sukses

Kaki Bengkak Dan Sakit

16 Sep 2019, 10:47 WIB
Wanita, 50 tahun.

Jadi ceritanya ibu saya tuh nyuci piring trus pas naik tangga kakinya sakit. Pas dicek diatas betis ada memar bengkak. Sampe sekarang gak sembuh2 tetep sakit tapi memarnya uda ilang,kalo ditekuk kakinya rada sakit.. Itu kira2 kenapa ya dok dan kalo mau berobat mesti kedokter apa ya? Soal ke dokter umum,udah dicek semua2 normal..

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai kaki bengkak dan sakit melalui fitur Tanya Dokter.

Kaki bengkak dan sakit adalah hal yang sering kita alami. Namun jika sakitnya tidak sembuh-sembuh, bisa sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Kaki bengkak dan sakit terutama pada bagian betis bisa disebabkan karena banyak hal. Bagian betis terdiri dari banyak otot. Setiap gerakan berdiri, berlari, maupun menekuk kaki membutuhkan kordinasi otat dan tulang. Berikut adalah beberapa penyebab yang dapat membuat kaki bengkak dan sakit:

1. Kram otot. Hal iini adalah penyebab betis sakit yang paling umum terjadi. Biasanya terjadi selama atau sesudah olahraga, karena kurangnya pemanasan atau olahraga yang terlalu lama. Bisa juga karena tubuh kekurangan elektrolit.

2. Otot tegang. Biasanya disebabkankarena adanya sobekan sebagian atau seluruhnya pada serabut otot tersebut. Gejalanya bervariasi tapi kebanyakan orang mengalami rasa sakit dan nyeri tiba-tiba pada daerah otot betis karena otot menjadi tegang. Kondisi ini terjadi akibat otot kelelahan karena digunakan secara berlebihan, seperti lari, berenang, bersepeda, dan angkat beban bisa menyebabkan otot mendapatkan banyak tekanan sehingga menjadi tegang dan akhirnya robek.

3. Plantar Fasciitis. Jika otot betis mengalami banyak tekanan, otot plantaris bisa pecah dan menimbulkan rasa sakit di belakang kaki yang menjalar hingga ke betis. Kondisi ini disebut dengan plantar fasciitis dan menyebabkan nyeri kaki saat berdiri dan kesulitan untuk meregangkan kaki.

4. Neuropati diabetik. Dapat terjadi ketika orang diabetes mengalami komplikasi atau kerusakan pada saraf. Kadar gula yang tinggi dapat merusak saraf tubuh, biasanya pada bagian tangan dan kaki. Gejalanya meliputi kram otot, otot lemah, kehilangan keseimbangan, mati rasa, dan tentu rasa nyeri parah pada bagian saraf yang terkena.

5. Varises. Ini adalah penyakit yang membuat pembuluh darah membesar yang sering menonjol dari kaki dan mungkin terlihat seperti tali atau cacing pada betis. Mereka berkembang ketika katup yang rusak di pembuluh darah seseorang memungkinkan darah mengalir kembali. Kondisi ini menyebabkan kram otot dan kaki berdenyut disertai rasa sakit.

Untuk meredakan nyeri secara sementara, Anda bisa mengompres kaki ibu Anda yang sakit dengan air dingin/es batu selama 10-15 menit setiap kali nyerinya muncul. Atau Anda juga bisa memberi tumpuan seperti bantal dibawah kaki yang sakit untuk membantu meningkatkan sirkulasi. Jika kaki bengkak dan sakit yang dialami Ibu Anda tidak juga sembuh dan membaik, kami sarankan Anda berkonsultasi denga dokter spesialis tulang untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait dengan keluhan ibu Anda. Demikian yang dapat disampaikan mengenai kaki bengkak dan sakit, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar