Sukses

nyeri perut saat hamil

12 Sep 2019, 19:51 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok saya fitri saya mau tanya,, saya hamil usia 5 bulan, sekarang saya merasakan sakit di bagian perut yang lumayan sakit mohon penjelasanyaa dok.. Terima kasih..

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri perut saat hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Beberapa kondisi sakit perut ringan yang normal terjadi saat hamil biasanya berkaitan dengan gangguan pencernaan. Misalnya:

  • sakit mag sebelum hamil yang muncul kembali saat masa kehamilan.
  • Adanya peningkatan gas di dalam perut karena saat hamil akan lebih banyak memproduksi gas (pemicunya adalah adanya peningkatan hormon progesteron pada tubuh).
  • Selain itu, adanya gangguan sembelit yang bisa berkaitan dengan satu atau dua hal, seperti perubahan hormon selama kehamilan, kurangnya makan sayur dan buah, konsumsi suplemen penambah darah.

Di luar gangguan pencernaan, penyebab lainnya adalah adanya kontraksi palsu (Braxton-hicks). Perbedaan dengan kontraksi asli adalah jenis kontraksi ini hanya terjadi sebentar, tidak makin sering dan tidak makin sakit jika ibu hamil segera beristirahat.

Beberapa penyebab serius sakit perut saat hamil adalah sebagai berikut:

  • Keguguran. Sakit yang dirasakan adalah sakit perut dan kram di area bawah disertai perdarahan dari vagina. Biasanya terjadi pada 20 minggu pertama kehamilan.
  • Kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik adalah kehamilan yang berkembang di luar rahim. Sakit yang dirasa seperti tertusuk di satu sisi bawah perut disertai perdarahan aktif dari vagina. Penderita juga biasanya dapat hilang kesadaran secara tiba-tiba.
  • Infeksi saluran kemih. Ibu hamil rentan mengalami infeksi saluran kemih, terutama jika memiliki kebiasaan sering menahan kencing dan kurang konsumsi air putih selama kehamilan. Sakit yang dirasa biasanya berada di area bawah perut, frekuensi buang air kecil meningkat dan terasa sakit saat buang air kecil.
  • Abruptio plasenta. Kondisi ini terjadi karena lepasnya plasenta dari dinding rahim. Sakit perut yang dirasakan adalah sakit perut dalam waktu yang lama dan juga disertai perdarahan yang sangat banyak.
  • Preeklamsia. Ibu hamil dinyatakan memiliki gangguan preeklamsia jika terjadi peningkatan tekanan darah setelah memasuki kehamilan 20 minggu, pembengkakan di kedua kaki dan ditemukan ada kandungan protein di dalam urine. Selain sakit perut, gejala yang dapat terjadi saat preeklamsia adalah gangguan penglihatan, sakit kepala, mual dan muntah.
  • Plasenta previa. Plasenta previa adalah gangguan menutupnya sebagian atau seluruhnya jalan lahir, sehingga mudah sekali memicu perdarahan dari vagina. Selain perdarahan, akan terjadi juga keluhan sakit perut yang sangat melilit.

Jika keluhan semakin mengganggu dan anda khawatir akan penyebabnya, segeralah periksakan diri anda dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan guna menghindari perburukkan.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar