Sukses

cara mengatasi mata ikan

12 Sep 2019, 19:44 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok cara mengatasi mata ikan lunak di kaki? Apa dengan lida buaya bisa?

Terima kasih telah bertanya seputar cara mengatasi mata ikan melalui fitur Tanya Dokter.

Karena merupakan penebalan kulit yang terdiri dari tumpukan kulit mati, benjolan mata ikan atau yang biasa disebut Clavus dapat dikurangi dengan menggunakan obat-obatan tertentu yang bersifat keratolitik yang dapat menghancurkan sel kulit mati. Tujuan utamanya adalah dengan menipiskan atau melepas penebalan kulit tanpa menyebabkan luka yang menimbulkan perdarahan.

Obat-obatan keratolitik yang dapat digunakan salah satunya adalah yang mengandung asam salisilat. Dalam bentuk praktis, obat yang mengandung asam salisilat ini biasanya tersedia di pasaran dalam bentuk plester, sehingga memudahkan Anda untuk pemakaian sendiri di rumah.

Selain mencoba mengatasi mata ikan dengan menipiskan penebalan kulit, penting juga untuk mengurangi terjadinya gesekan pada kulit, misalnya dengan menggunakan bantalan pada sepatu.

Anda juga bisa mencoba menyembuhkan mata ikan dengan batu apung. Rendam kaki dengan air hangat selama 5-10 menit. Setelah mata ikan melunak, gosok dengan batu apung untuk mengikisnya. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Jika dengan cara-cara ini mata ikan masih juga menimbulkan rasa nyeri dan menganggu, dapat dilakukan tindakan bedah minor untuk mengangkat jaringannya di klinik atau fasilitas kesehatan terdekat.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar