Sukses

perut terasa keras dan menonjol

12 Sep 2019, 19:00 WIB
Wanita, 21 tahun.

Assalamualaikum. Selamat siang dok. Saya mau bertanya. Akhir2 ini saya merasa perut bagian atas saya (diatas pusar) terasa keras dan sedikit menonjol dibandingkan perut bagian bawah. Dan kadang2 sampai terasa sesak di ulu hati. Walaupun saya tidak sampai sesak napas. Lalu waktu saya raba di perut kiri atas dibawah tulang rusuk itu seperti ada benjolan yang kalau ditekan lumayan terasa sakit. Pinggang saya pun rasanya juga sakit. Ditambah saya sudah 2 bulan ini tidak menstruasi (Saya blm menikah). Apakah ada hubungannya dengan siklus menstruasi saya? Apakah ada kemungkinan benjolan itu hanya darah yang menggumpal saja? Terimakasih atas kesediaan menjawab

Terima kasih telah bertanya seputar peut kerasa dan menonjol melalui fitur Tanya Dokter.

Sayang sekali kami belum bisa menentukan penyebab keluhan anda dengan informasi yang terbatas. Perut di atas sisi mana tepatnya teraba keras? Apakah bagian keras itu merupakan benjolan yang dapat digerakkan? Apakah terdapat keluhan lain seperti demam, perubahan urine saat BAK dan perubahan warna dan konsistensi saat BAB?

Bagian yang teraba keras ini dapat berasal dari kulit, jaringan di bawahnya seperti otot maupun organ di dalamnya. Diperlukan info lengkap; yang didapatkan dari wawancara langsung, pemeriksaan fisik dan penunjang yang penting; sehingga dapat menentukan penyebab pasti keluhan anda. Untuk ada atau tidaknya hubungan perut terasa keras dan menonjol dengan menstruasi yang tidak kunjung datang, kami juga belum bisa menentukan karena butuh pemeriksaan lebih mendalam terlebih dahulu.  Penatalaksanaan keluhan anda pun sangat tergantung dari penyebabnya. Oleh karena itu, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter mengenai keluhan ini.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar