Sukses

Hamil 4 bulan keluar cairan bening

12 Sep 2019, 09:49 WIB
Wanita, 25 tahun.

Siang dok, saat ini saya sedang hamil 4 bulan.. Beberapa hari ini saya keluar cairan encer dok, seperti keputihan tapi warnanya agak sedikit kekuningan, dan lebih sering buang air kecil. Apakah cairan itu keputihan dok? Atau air ketuban? Apa mungkin air ketuban merembas diusia kehamilan yg baru 4 hulan? Terimakasih dokter, mohon jawabannya..

Terima kasih telah bertanya seputar keluarnya cairan bening saat hamil 4 bulan melalui fitur Tanya Dokter.

Air ketuban atau amnion adalah cairan yang berguna untuk melindungi janin di dalam rahim. Cairan ini juga berguna untuk menjaga suhu di sekeliling janin tetap hangat dan stabil. Umumnya, volume air ketuban yang normal sekitar 60 mL di usia 12 minggu kehamilan, 175 mL di usia 16 minggu kehamilan, dan 400-1200 mL di usia 34-38 minggu kehamilan. Ketuban akan pecah dan keluar dari kantungnya bila persalinan semakin dekat. Namun tak jarang pula, kasus ketuban pecah dini atau KPD.

Sedangkan keputihan adalah satu salah keluhan yang seringkali terjadi selama kehamilan. Ada beberapa hal penyebab keputihan selama kehamilan. Misalnya, tekanan emosi, hormon, kekurangan nutrisi, dan efek obat-obatan. Keputihan saat hamil dapat dikatakan aman apabila keputihan berbentuk lendir tipis, berwarna bening atau putih susu, dan berbau ringan.

Bila cairan yang keluar dari vagina adalah air ketuban, maka tanda-tanda yang akan terjadi adalah:

  • Air menetes sedikit demi sedikit atau langsung banyak
  • Air mengalir kecil ke area paha dan terasa hangat.
  • Celana dalam yang tiba-tiba basah.
  • Ada perasaan seperti letupan dan basah di pakaian dalam ataupun celana.
  • Seperti darah menstruasi yang mengalir di area vagina
  • Rasa mulas atau tidak merasakan apa-apa sama sekali

Tanda-tanda ini akan berbeda ketika cairan yang keluar dari vagina adalah keputihan. Selain berwarna bening, beberapa keputihan bisa berwarna putih, memiliki lendir, dan berbau ringan. Keputihan juga memiliki tanda yang khas berupa noda kekuningan ketika mengering di atas pakaian dalam.

Jikla dalam kasus anda ini, anda masih ragu dalam membedakannya sebaiknya segera periksakan diri anda dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar segera tahu pula penyebabnya.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar