Sukses

Menstruasi Pertama Anak
11 Sep 2019, 15:12 WIB
Pria, 10 tahun.

Dok mau tanya usia anak sy 10 tahun tapi sudah menstruasi.sdh 1 Minggu kok blm berhenti jg yah dok malah msh lancar banget,,,dan apa hal yg wajar bila anak di usia 10 tahun sdh mengalami menstruasi ?

Terima kasih telah bertanya seputar menstruasi pertama melalui Tanya Dokter Klikdokter.

Menarche merupakan istilah menstruasi (haid) pertama, yang biasa terjadi dalam rentang usia 10-16 tahun atau pada masa awal remaja di tengah masa pubertas sebelum memasuki masa reproduksi, namun rata-rata terjadi pada usia 12 tahun. Menarche salah satu tanda bahwa remaja tersebut telah mengalami perubahan didalam dirinya dan juga disertai dengan berbagai masalah dan perubahan – perubahan baik fisik, biologi, psikologik maupun social.

Penyebab usia remaja putri pada waktu mengalami menarche berbeda-beda, sebab hal itu tergantung kepada berbagai faktor, yaitu:

  • Genetik (keturunan)
  • Nutrisi
  • Peningkatan berat badan saat usia anak-anak (overweight dan obesitas).

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa peningkatan indeks massa tubuh saat di masa kanak-kanak mempunyai keterkaitan dengan terlalu dininya menarche muncul pada seorang perempuan. Lemak yang berlebihan di dalam tubuh dapat memicu perubahan hormone insulin, leptin dan estrogen, dimana ketiga hormone ini dipercaya dapat berperan dalam perubahan waktu munculnya masa menarche yang disebabkan oleh gangguan obesitas tersebut.Asupan protein yang meningkat. Asupan protein hewani yang sangat tinggi pada umur 3-7 tahun pada beberapa penelitain berhubungan dengan munculnya menarche lebih awal. Sebaliknya asupan protein nabati di umur 5-6 tahun berhubungan dengan lambatnya menarche. Asupan produk olahan susu yang tinggi juga dapat memicu munculnya menarche lebih dini.Kurangnya asupan nutrisi yang bergizi Gemar konsumsi minuman gula bersoda

Penyebab tidak haid ada banyak sekali, belum tentu terjadi kehamilan. Pertama izinkan kami menjelaskan tentang gangguan siklus haid. Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

o Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama

o Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

o Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30

o Malnutrisi (kurang gizi)

o Stres psikologis

o Atlet

o Kekurangan vitamin K

o Penggunaan obat-obatan tertentu

o Kelainan pembekuan darah

o Gangguan hormon tiroid

o Dan lain sebagainya

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar menstruasi pertama, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar