Sukses

Pertanyaan - #275421
11 Sep 2019, 15:10 WIB
Wanita, 15 tahun.

Saya haid sudah 23 hari,, sudah periksa tapi belum sembuh, darah yang keluar juga masih banyak, terkadang perutnya sakit, saya sudah mengalami ini 2 kali, ketika periksa di dokter saya dikasih obat, setelah meminum obat tersebut saya terkadang merasa pusing,

Terima kasih telah berkonsultasi seputar Haid Lama dan Banyak pada fitur Tanya Dokter

 

Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Oligomenorea adalah suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari. Sedangkan siklus menstruasi kurang dari 21 hari disebut polimenore. Menorrhagia adalah kondisi dimana darah haid berlebihan, sedangkan metrorhagia adalah kondisi dimana siklus haid tidak teratur, kadang satu bulan bisa 2 kali, kadang 1 kali, bisa juga 3 kali.

Berapa lamakah siklus haid Anda sebelumnya? Bahaya haid berkepanjangan adalah dapat membuat Anda menjadi kekurangan darah (anemia).

Adapun siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

1. Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama

2. Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

3. Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30

4. Malnutrisi (kurang gizi)

5. Stres psikologis

6. Atlet, atau aktivitas fisik berat

7. Kekurangan vitamin K

8. Penggunaan obat-obatan tertentu

9. Kelainan pembekuan darah

10. Gangguan hormon tiroid

Selain gangguan keseimbangan hormon, dapat saja terdapat gangguan organ kandungan Anda, seperti kista ovarium atau mioma. Kami menyarankan Anda berobat ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Rasa sakit yang timbul setiap kali datang bulan sering dialami oleh banyak wanita. Rasa sakit ini biasanya dirasakan di perut bagian bawah yang timbul setiap hari ke-1 hingga hari ke-3 dari siklus menstruasi. Rasa nyeri yang dirasakan oleh setiap wanita berbeda beda, dapat berupa nyeri ringan maupun berat hingga mengganggu aktivitas sehari hari. Jika nyeri yang dirasakan sangat berat dan mengganggu aktivitas sehari hari dikenal dengan nama dismenorea. Terdapat dua jenis dismenore, yaitu :

Dismenorea primer : dismenore tipe ini timbul sejak haid pertama dan akan pulih sendiri dengan berjalannya waktu dengan lebih stabilnya hormon tubuh . Nyeri haid ini adalah normal, dan tidak membahayakan kesehatan. Dismenorea ini terjadi murni karena kontraksi otot rahim saat menstruasi akibat dari hormon prostaglandinDismenorea sekunder : biasanya baru timbul di kemudian hari setelah menstruasi pertama. Berlangsunglebih dari 3 hingga 4 hari dan disertai mual, muntah atau bahkan diare. Dismenore ini dapat disebabkan oleh beberapa penyakit/kelainan penyebab, antara lain : kelainan atau penyakit seperti infeksi rahim, kista atau polip, tumor sekitar kandungan,dll.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar