Sukses

Penyebab Mimisan
11 Sep 2019, 14:55 WIB
Wanita, 23 tahun.

Minggu lalu saya mimisan, saya kira gara gara capek karena baru pindahan rumah, eh ternyata seminggu ini hidung sakit terus, dipencet sakit, dan malam ini mimisan lagi, itu kira kira kenapa ya dok ? Apa ada luka di dalam hidung sampe terjadi pendarahan, atau bagaimana ?

Terima kasih telah bertanya seputar mimisan melalui Tanya Dokter Klikdokter.

Mimisan atau yang dikenal sebagai epistaksis dalam bahasa kedokteran adalah perdarahan dari hidung akibat pecahnya pembuluh darah di dalam hidung yang sering ditemukan sehari-hari, dan hampir sebagian besar dapat berhenti sendiri. Berbagai penyebab mimisan dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu lokal dan sistemik. Penyebab lokal yang tersering adalah trauma, infeksi, tumor ganas  dan kelainan bawaan. Penyebab lainnya adalah kelainan sitemik, seperti penyakit jantung, kelainan darah, infeksi, perubahan tekanan atmosfer dan gangguan endokrin. Selain faktor-faktor tersebut, bersin yang terlalu keras pun dapat menyebabkan perlukaan pada hidung yang berujung pada keluarny darah dari hidung.

Karena kurangnya data yang ada serta keterbatasan kami untuk melakukan pemeriksaan fisik maka kami tidak dapat memastikan penyebabnya. Oleh karena itu, untuk memastikan apakah gejala ini berkaitan dengan gangguan kesehatan yang lebih serius, kami sarankan suami Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter THT untuk pemeriksaan lengkap dan penanganan optimal segera, terlebih jika suami Anda cukup sering mengalaminya.

Berikut adalah penanganan segera jika terjadi mimisan :

Memencet hidung selama 5-30 menit tanpa interupsi agar perdarahan terkontrol, biasanya 5-10 menit sudah cukup.

Menjaga agar kepala agar tidak menunduk. Posisi kepala dianjurkan agar sedikit mendongak (hanya sedikit saja) namun jangan berlebihan agar darah tidak masuk ke saluran napas.

Jika dalam 30 menit mimisan tidak juga berhenti maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri dokter.

Demikian yang dapat kami sampaikan terkait mimisan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar