Sukses

Nyeri Pada Ketiak
10 Sep 2019, 20:36 WIB
Wanita, 23 tahun.

Pagi dok. Mau nanya. Td pagi bangun saya merasakan sakit di ketiak sebelah kiri. Tp tidak ada benjolan atau apapun. Dan terasa sampai kebelakang punggung, tp tidak sesakit yang di ketiak. 3 tahun lalu pernah konsul juga, katanya otot jantungnya bermasalah. Tp td pagi saya ngerasa sakitnya ga kayak biasanya. Itu knp ya dok?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai nyeri pada ketiak melalui fitur Tanya Dokter. 

Ada baiknya memang kita tidak menyepelekan rasa sakit di diri kita. Mungkin penyebabnya adalah hal yang umum dan mudah diatasi. Namun bisa juga penyebabnya adalah penyakit atau kondisi kesehatan yang serius. Beberapa hal yang dapat menyebabkan nyeri pada ketiak,adalah:

1. Cedera otot. Otot pada bagian lengan atas juga dapat cedera saat kita berolahraga ataupun beraktivitas. Cedera ini yang dapat menimbulkan peradangan dan menyebabkan nyeri pada ketiak

2. Luka cukur/Iritasi. Banyak orang terutama wanita, sering mencukur atau mencabut bulu ketiaknya. Beberapa deodoran dan sabun mandi pun dapat memicu terjadinya iritasi. Iritasi inilah yang dapat membuat kulit ketiak memerah, bengkak, nyeri bahkan terasa panas.

3. Rematik. Rematik (rheumatoid arthritis) dan jenis nyeri sendi lainnya dapat menyebabkan persendian meradang dan membengkak. Tak menutup kemungkinan pula pembengkakan ini terjadi di sekitar persendian ketiak, sehingga menyebabkan rasa nyeri pada ketiak.

4. Pembengkakan kelenjar getah bening. Ketiak merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki banyak kelenjar getah bening.  Kelenjar getah bening berperan sangat penting untuk melawan penyakit dan menjaga daya tahan tubuh. Kelenjar getah bening Anda bisa membengkak saat Anda mengalamii infeksi. Ada juga beberapa kondisi lain yang memengaruhi kondisi kelenjar getah bening, seperti limfedema, infeksi limpadenitis, infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA), infeksi telinga, radang tenggorokan, infeksi virus, hingga penyakit lupus. Semua gangguan pada kelenjar getah bening ini dapat menyebabkan ketiak terasa sakit.

5. Penyakit arteri perifer. Selain kelenjar getah bening, ketiak juga memiliki banyak pembuluh darah kecil. Penyakit arteri perifer adalah kondisi penyempitan pembuluh darah kecil yang ada di bagian lengan atau kaki. Penyempitan ini akan mengurangi oksigen ke jaringan sekitanya. Otot-otot yang kekurangan oksigen lama-lama akan terasa sakit. Jika Anda mengalami penyakit arteri perifer di salah satu atau di kedua ketiak, Anda akan merasakan nyeri ini.

Jika intensitas nyeri pada ketiak yang Anda rasakan bertambah dan semakin nyeri, silahkan konsultasikan keluhan Anda dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan mengenai keluhan Anda. Demikian yang dapat disampaikan mengenai nyeri pada ketiak, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar