Sukses

Sering Buang Air Kecil Saat Malam
10 Sep 2019, 20:10 WIB
Pria, 61 tahun.

Saya sering buang air kecil malam bisa lima sampai enam kali, tapi kalau siang tidak demikian, saya darah tinggi selalu minum amlod pine besilate setiap hari dan karena kalesterol juga maka sering minum simvastatin, dan pada malam hari sering mulud terasa kering,mohon bantuan dokter apa yang sebaiknya saya lakukan. terimakasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai sering buang air kecil saat malam melalu fitur Tanya Dokter.

Sering terbangun untuk buang air kecil saat malah hari memang bisa sangat mengganggu, apalagi jika lebih dari 2 kali. Karena malam hari adalah waktu untuk tubuh dan otak kita beristirahat. Jika Anda sering buang air kecil saat malam, berarti Anda mengalami suatu kondisi yaitu nokturia. Hal ini bisa disebabkan karena gaya hidup ataupun kondisi medis tertentu. Gejalanya adalah frekuensi buang air kecil yang berlebihan, ingin buang air kecil namun yang keluar hanya sedikit-sedikit. Berikut adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan nokturia:

1. Diabetes. Pada malam hari pada penderita diabetes, terjadi peningkatan glukosa pada ginjal, sehingga menarik banyak cairan ke dalam urin. Hal ini dapat meningkatkan produksi urin sehingga akan terjadi gangguan buang air kecil saat malam hari.

2. Bertambahnya usia. Pertambahan usia sering dikaitkan dengan berkurangnya kapasitas kandung kemih. Hormon antidiuretik yang diproduksi juga mulai berkurang, padahal fungsi dari hormon ini adalah dapat menahan cairan tubuh. Otot kandung kemih pun menjadi lemah, sehingga urin menjadi sulit untuk ditahan di kandung kemih.

3. Obat-obatan. Penggunaan obat tertentu seperti hydrochlorothiazide atau furosemide (Lasix) juga dapat menjadi menyebab nokturia. Terkadang orang meminum obat tekanan darah ini di malam hari, padahal obat ini mengandung diuretik (obat yang meningkatkan pembentukan urin). Maka mengkonsumsi obat-obatan ini dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil dimalam hari.

4. Infeksi saluran kencing yang kronis dan berulang. Gejala dari infeksi saluran kencing adalah anyang-anyangan, demam, sensasi panas ketika buang air kecil, dan frekuensi buang air kecil yang terus-menerus. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang berkembang di saluran kencing.

untuk mengatasi kondisi nokturia ini, harus diketahui dulu penyebab pastinya. Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai keluhan Anda untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan yang sesuai. Demikian yang dapat disampaikan mengenai sering buang air kecil saat malam, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar