Sukses

Gatal-Gatal Saat Sedang Pengobatan Paru
10 Sep 2019, 19:52 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok saya sedang pengobatan tb paru,, ketika saya minum obat awalnya tidak apa2,, tp setelah 4 hari terasa gatal2 di badan,, apa itu termasuk efek samping obat? Berbahayakah bila saya terus menkonsumsi obat, sedangkan kalau obat tb tidak boleh berhenti minum. Apa yg trus mesti saya lakukan dok? Terima kasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai gatal-gatal saat sedang pengobatan paru melalui fitur Tanya Dokter. Kami memahami kekhawatiran Anda. 

Jika Anda terdiagnosis TB Paru (tuberculosis paru), Anda memang akan menjalani pengobatan selama 6 bulan lamanya. Namun pada kasus TB paru tertentu, bisa juga pengobatannya 9-12 bulan. Obatnya pun harus diminum rutin dan tidak boleh berhenti untuk mendapatkan hasil yang baik. Setiap obat-obat TB paru memiliki efek samping yang beragam, diantaranya:

-pusing/sakit kepala

-mual

-muntah

-gatal-gatal

-gangguan pada mata

-urin berwarna merah

-nyeri sendi

masih banyak lagi efek samping dari obat-obatan TB yang dapat berbeda-beda timbul pada penderita TB. Hampir semua obat TB paru dapat memicu efek samping, yaitu gatal. Silahkan menggunakan bedak yang mengandung calamine untuk mengurangi rasa gatal. Namun bila gatal yang dirasakan semakin parah, kami sarankan agar Anda mengunjungi dokter untuk mendapatkan terapi yang tepat dengan tidak menghentikan pengobatan TB paru Anda. Demikian yang dapat disampaikan mengenai gatl-gatal saat sedang pengobatan paru, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar