Sukses

Efek Samping Menggunakan Narkoba

09 Sep 2019, 21:38 WIB
Pria, 17 tahun.

Dokter Saya Mau Nanya Kalau Kita Memake Narkoba Ada Efek Samping Yg Lain Kah

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai efek samping narkoba.

Efek jangka pendek yang terjadi sesaat setelah penggunaan obat-obatan terlarang dapat bermacam-macam. Mulai dari perubahan nafsu makan, kewaspadaan, perubahan frekuensi denyut jantung, tekanan darah, suasana hati, hingga berbagai kondisi medis seperti serangan jantung, stroke, psikosis, bahkan kematian. Sedangkan efek jangka panjang yang dapat terjadi dapat berupa penyakit jantung, paru-paru, kanker, gangguan jiwa, hepatitis, dan masih banyak lagi.

Penggunaan narkoba dalam jangka panjang dapat menyebabkan ketergantungan atau adiksi. Adiksi terhadap obat-obatan terlarang merupakan salah satu jenis kondisi kesehatan jiwa yang membutuhkan penanganan.

Memang tidak setiap individu yang menggunakan narkoba akan mengalami adiksi, tapi penggunaan narkoba pada sebagian individu dapat mengubah cara kerja sistem saraf pada otak. Perubahan yang terjadi di otak juga dapat memengaruhi persepsi individu terkait dengan beberapa hal, di antaranya adalah makanan, hubungan seksual, kemampuan untuk mengambil keputusan, belajar, mengingat, dan lain-lain.

Sebagai tambahan, penggunaan narkoba juga memiliki sederet dampak tidak langsung, baik bagi penggunanya maupun orang-orang yang ada di sekitarnya. Hal yang dapat dipengaruhi oleh penggunaan obat-obatan terlarang dapat berupa asupan makanan yang dikonsumsi oleh individu tersebut, pola tidur, kemampuan mengambil keputusan serta impulsivitas, risiko terjadinya cedera, kekerasan, trauma, atau penyakit menular.

Penggunaan narkoba juga dapat memengaruhi bayi yang lahir dari wanita yang menggunakan obat-obatan tersebut selama masa kehamilan. Dari sudut pandang yang lebih luas, dampak negatif dari penggunaan narkoba juga dapat dilihat dari tingkat pendidikan, pekerjaan, tempat tinggal, hubungan dengan orang lain, serta perilaku kriminal.

Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar