Sukses

Ibu hamil yang terkena cairan thinner dan gerakan bayi

09 Sep 2019, 20:53 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dok, sy lagi hamil 16minggu..tak sengaja ketumpahan cat tembok di area tangan..sy insiatif bersihin pakai tiner..apakah ada efekny ke janin dok? Kapan sy bisa merasakan gerakan bayi ya dok?

Terima kasih telah bertanya seputar ibu hamil yang terkena cairan thinner melalui fitur Tanya Dokter.

Cairan thinner atau pembersih cat atau yang biasanya terdapat pada pembersih cat kuku disebut Toluen. Paparan toluene dapat mengiritasi mata, tenggorokan dan paru-paru. Paparan dalam dosis tinggi dapat menyebabkan gangguan saraf dan gangguan organ janin. Sedangkan kandungan aceton atau toluen di dalam cairan pembersih kuku dianggap aman jika terpapar pada wanita hamil dalam waktu yang relatif singkat. Dianjurkan untuk segera mencuci tangan setelah membersihkan cat kuku.

Ketika janin sudah mulai menguat, maka janin akan mulai melakukan gerakan-gerakan di dalam rahim. Kira-kira sekitar usia kehamilan 12 hingga minggu ke-15, janin mulai memberikan tanda pergerakan lembut walau hanya sesaat, dan bahkan banyak ibu yang tidak menyadarinya. Memasuki usia kehamilan 16 hingga 19 minggu, bentuk tubuh sang buah hati mulai sempurna dan pergerakan akan makin terasa secara terus-menerus walaupun mungkin masih sangat terasa halus, seperti getaran-getaran kecil.k

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar