Sukses

Nyeri Perut Kanan Bawah

09 Sep 2019, 12:42 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat malam dok, saya mau tanya mengenai sakit yg saya rasakan saya merasakan area perut bawah sebelah kanan nyeri bahkan keras pas ditekan berbeda dengan yg sebelah kiri yg lembek biasa saja. Itu kenapa ya dok. Pada awalnya nyeri sampe jalan pun harus membungkuk, tapi skrg ada keras2 nya. Mohon jawabannya terimakasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai nyeri perut kanan bawah melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Nyeri perut kanan bawah bisa disebabkan oleh berbagai kondisi. Nyeri perut kanan umumnya menggambarkan rasa sakit yang berada di dalam rongga perut, seperti lambung, usus, hati, kantung empedu, dan pankreas. Berikut adalah beberapa kondisi umum penyebab nyeri perut kanan:

1. Appendisitis

Appendisitis adalah kondisi radang yang terjadi pada usus buntu jika terjadi penyumbatan sehingga menyebabkan infeksi. Penyakit ini harus segera diatasi. Gejala nya seperti nyeri perut kanan bawah, mual, muntah, kembung, demam. Rasa nyeri biasanya dirasakan menetap dan memburuk jika ada pergerakan. Pengobatannya dengan melakukan operasi usus buntu.

2. Batu empedu

Penyakit ini jarang menimbulkan keluhan. Namun nyeri yang hebat bisa dirasakan kalau batu menyumbat saluran empedu dan menyebabkan radang.Nyeri yang dirasakan bisa timbul mendadak dan terus menerus selama beberapa menit sampai jam. Selain itu juga bisa merasakan mual dan muntah.

3. Batu ginjal

Gejala pada penyakit ini mirip dengan batu empedu. Anda akan merasakan nyeri perut kanan yang mendadak dan bisa juga nyerinya sampai ke pinggang. Nyerinya juga bisa menjalar ke paha dan ada keluhan kram, mual dan muntah. Nyeri yang dirasakan tergantung dengan besarnya batu yang ada pada ginjal.

Adapun penyakit lain yang dapat menyebabkan gejala nyeri perut kanan, seperti kista ovarium ataupun kehamilan ektopik. Jika Anda memiliki keluhan nyeri perut kanan bawah dan disertai dengan gejala lain, sebaiknya memeriksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat mengenai keluhan Anda.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai nyeri perut kanan bawah, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar