Sukses

Benjolan di Sekitar Anus

09 Sep 2019, 11:25 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok, apa penyebab ada benjolan lembek di area anus? Sebelumnya kecil seujung kelingking dan tidak mengganggu. Namun beberapa hari ini benjolan tersebut terasa lebih besar dan agak mulai mengganggu. Tidak sakit, hanya saja terasa seperti ada yang mengganjal terutama saat jongkok. Apakah berbahaya dok? Mohon jawabannya. Terima kasih

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami keluhan Anda.

Terdapat banyak hal yang dapat menimbulkan benjolan di sekitar anus. Untuk mengetahuinya, dibutuhkan informasi lebih lanjut mengenai benjolan yang dialami, seperti sejak kapan benjolan muncul, apakah semakin besar dengan cepat, apakah dapat digerakkan, apakah sering berdarah, apakah terdapat riwayat sulit BAB, apakah terdapat riwayat BAB disertai dengan darah, serta informasi lainnya.

Penyebab benjolan lembek di area anus yang paling sering adalah hemorrhoid atau ambeyen. Seringkali disertai dengan riwayat BAB disertai darah. Selain itu, biasanya terdapat riwayat kurang konsumsi serat dan air putih sehingga BAB kurang lancar dan harus mengedan lebih kuat.

Namun masih tidak dapat disingkirkan adanya berbagai penyebab lain yang dapat menimbulkan keluhan benjolan di sekitar anus. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan secara keseluruhan sehingga dapat diketahui penyebab keluhan Anda dan memperoleh terapi yang tepat.

Berikut terlampir beberapa artikel yang berkaitan dengan keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar