Sukses

Penyebab Mata Kuning

09 Sep 2019, 10:43 WIB
Pria, 22 tahun.

salam dok. mata saya kuning apa cara mau merawat ya dok?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai penyebab mata kuning melalui fitur Tanya Dokter. 

Mata kuning bisa menjadi tanda bahwa ada masalah di dalam tubuh. Mata kuning terjadi apabila bilirubin yang tersebar didalam tubuh Anda melalui pembuluh darah tidak dapat dibersihkan secara maksimal. Penumpukan bilirubin juga dapat terjadi di mata, sehingga bagian putih pada mata Anda dapat berubah menjadi kuning. Penyebab mata kuning adalah:

1. Gangguan pada hati

Tempat diprosesnya bilirubin adalah di hati, lalu ke saluran empedu dan dibuang melalui tinja. Bila salah satu dari proses ini bermasalah, akan terjadi penumpukan bilirubin di dalam tubuh dan membuat kulit sampai mata menjadi kuning. Penyakit kuning bisa menunjukkan adanya kerusakan di hati.

2. Gangguan pada empedu

Kantung empedu berfungsi untuk melepaskan empedu yang akan membantu tubuh mencerna lemak. Jika saluran empedu tersumbat, maka dapat menyebabkan penyakit kuning. Salah satunya yang dapat membuat tersumbat adalah adanya batu empedu. Batu empedu disebabkan oleh beberapa hal, yaitu berat badan, diet, kolesterol tinggi, gen, dan kadar bilirubin yang tinggi. 

3. Gangguan pada pankreas

Jika terjadi sesuatu pada saluran pankreas atau saluran pankreas tersumbat, empedu tidak dapat mengalir dengan baik sehingga dapat menyebabkan penumpukan bilirubin dan membuat kulit atau mata menjadi kuning. Hal yang dapat menyebabkan gangguan pada pankreas adalah radang pankreas atau kanker pankreas.

4. Gangguan pada darah

Mata kuning juga dapat disebabkan karena adanya kelainan pada darah, seperti anemia hemolitik yaitu penghancuran dini sel-sel darah merah. Hal ini dapat disebabkan karena reaksi obat, reaksi akibat ketidakcocokan transfusi, ataupun anemia lain.

Mata kuning merupakan gejala dari beberapa penyakit yang tidak dapat disepelekan. Saran kami, agar Anda berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut mengenai penyebab mata kuning. 

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab mata  kuning, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar