Sukses

Kesuburan Akibat Pakai KB Sebelum Menikah
04 Sep 2019, 10:51 WIB
Wanita, 22 tahun.

Halo dok saya mau tanya apakah benar jika KB sebelum menikah akan mengakibatkan susah hamil? Saya kb satu bulan setelah kb haid saya sedikit sedikit,trus satu bulan agustus saya nggak haid sama sekali baru bulan september ini saya haid ,,apakah saya termasuk org yang haid tidak lancar ya dok??terimakasih

Terima kasih telah bertanya tentang pemakaian KB sebelum menikah melalui fitur Tanya Dokter. 

Terdapat beberapa jenis kontrasepsi, namun yang lebih sesuai untuk perempuan muda dengan yang mengharapkan kontrasepsi jangka pendek antara lain perencanaan keluarga alami, kontrasepsi hormonal (pil atau suntik), dan barrier (penghalang).

Pilihan metode kontrasepsi hormonal, baik berupa pil maupun suntikan. Pil yang digunakan dapat berupa pil kombinasi estrogen-progesteron maupun progesteron saja. Sedangkan hormon suntik yang diberikan adalah progesteron. Tiap-tiap jenis kontrasepsi ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Pil progesteron saja biasanya digunakan oleh wanita yang menyusui, kekurangannya adalah penambahan berat badan, jerawat, kecemasan, angka kejadian terjadinya perdarahan tidak teratur tinggi, dan efektivitasnya lebih rendah dibandingkan yang kombinasi. Kekurangan ini tentunya juga ditemukan pada progesteron suntik. Namun suntikan hanya perlu dilakukan tiap 3 bulan. Sedangkan keuntungan dari pil kombinasi adalah sangat efektif, mencegah kanker indung telur dan kanker endometrium, menurunkan ketidakteraturan menstruasi dan anemia yang berkaitan dengan menstruasi, menghaluskan kulit dengan jerawat sedang.Namun, ada keadaan-keadaan dimana penggunaan pil kombinasi ini tidak dianjurkan, seperti tekanan darah tinggi, riwayat migren, riwayat kanker payudara, dll.

Perlu diperhatikan bahwa pengembalian kesuburan pada pemberian pil kombinasi dan progesteron suntik bervariasi, antara 3 - 12 bulan setelah kontrasepsi dihentikan. Jadi, ketika anda merencanakan kehamilan setelah menikah sebaiknya sudah berhenti menggunakan KB minimal 12 bulan agar kesuburan anda sudah kembali normal seperti sedia kala. 

Salah satu efek samping penggunaan Kb adalah perubahan pada siklus haid. Kemungkinan yang anda alami adalah dampak dari Kb yang anda gunakan. Melihat dari siklusnya harus dinilai selama 6 bulan untuk bisa menentukan itu teratur atau tidak. 

Tidak ada perbedaan efek samping pemberian kontrasepsi hormonal sebelum atau sesudah menikah, sehingga Anda dapat menggunakan metode kontrasepsi hormonal minum ini. Namun, untuk lebih pastinya sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan terlebih dahulu agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung terhadap kondisi rahim dan organ di dalam kandungan lainnya sehingga baru dapat dipilih metode KB apa yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang pemakaian KB sebelum menikah. Semoga bermanfaat. 

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar