Sukses

Batuk Pilek Disertai Nyeri Telinga pada Anak

03 Sep 2019, 19:23 WIB
Pria, 2 tahun.

anak saya berumur 2 tahun sejak kamis minggu lalu mengalami demam batpil, skrg dy mengeluh sakit pada telinganya, dan saya cek telinganya mengeluarkan kotoran banyak (tidak bau). Apakah normal dok atau butuh pemeriksaan lagi

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Perlu diketahui lebih lanjut mengenai keluhan ini. Apakah anak sering mengalami batuk pilek sebelumnya? Apakah terdapat kebiasaan membuang ingus dengan kuat? Apakah sering mengalami keluhan nyeri telinga sebelumnya, terlebih ketika sedang dalam kondisi batuk pilek? Selain itu perlu diketahui apakah terdapat gangguan pada pendengaran. Informasi tersebut sangatlah penting karena berkaitan erat dengan kemungkinan penyebab keluhan yang dialami oleh anak Anda.

Jika memiliki riwayat batuk pilek berulang, terlebih sering disertai dengan keluhan telinga, besar kemungkinan anak Anda mengalami infeksi atau peradangan pada telinga yang disebut dengan otitis. Selain itu, anak juga mengalami keluarnya kotoran telinga dalam jumlah banyak yang dapat menjadi salah satu gejala otitis yang sudah sampai pada perforasi atau robeknya gendang telinga. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa kelkuhan batuk pilek dan gangguan telinga yang dialami merupakan dua hal yang tidak berkaitan namun terjadi secara bersamaan.

Oleh karena itu, hal ini harus dipastikan dengan pemeriksaan secara langsung. Sangat disarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter sehingga dapat dilakukan pemeriksaan secara keseluruhan agar dapat mengetahui penyebab yang mendasari dan memperoleh terapi yang tepat.

Berikut terlampir beberapa artikel yang berkaitan dengan konsultasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar