Sukses

Biduran Saat Hamil Muda

03 Sep 2019, 18:09 WIB
Wanita, 30 tahun.

Selamat pagi, Dok. Dok, saya sedang hamil muda. Tapi tiba-tiba saya biduran/ruam-ruam pada kulit. Dimulai dari telinga, tengkuk dan leher dan menjalar ke punggung dalam waktu dua hari. Apakah itu berbahaya bagi janin? Apakah biduran sama dengan campak? Terima kasih.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai biduran saat hamil muda melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Saat hamil muda memang perasaan khawatir kita terhadap penyakit jadi lebih besar. Biduran dan campak merupakan dua penyakit yang berbeda. Biduran adalah kondisi gatal dan timbul bercak merah yang disebabkan karena reaksi alergi. Sedangkan campak adalah bercak merah yang timbul diseluruh tubuh karena penularan virus. Munculnya biduran saat hamil muda bukanlah hal yang berbahaya, namun bisa jadi sangat mengganggu. Saat hamil muda tubuh akan lebih rentan dari biasanya dan kulit akan lebih sensitif. kelainan kulit ini ditandai dengan munculnya bentol-bentol merah yang sangat gatal dan dapat meluas hingga bentolnya bertambah besar. Biasanya muncul didaerah perut, lengan, punggung,dan kaki. 

Penyebab lain gatal-gatal saat hamil bisa berupa eksim, infeksi jamur, atau penyakit autoimun. Agar mengetahui lebih jelas penyebab gatal yang Anda derita, sebaiknya memeriksakan langsung ke dokter kulit, mengingat kondisi Anda yang saat ini juga sedang hamil muda. Agar tidak mengkonsumsi obat-obatan yang dapat membahayakan janin Anda.

Demikian penjelasan mengenai biduran saat hami muda, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar