Sukses

Gejala Asam Lambung Naik

03 Sep 2019, 09:44 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok apakah mag dan asam lambung itu beda? Trus cara mengetahui asam lambung apakah harus dengan dironce atau bisa dicek asam lambung lagi naik atau ngak nya itu dengan pemeriksaan seperti biasa ?

Terima kasih telah bertanya seputar asam lambung melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Asam lambung bisa meningkat karena beberapa hal, yaitu:

Infeksi bakteriPenggunaan antinyeri golongan OAINS (obat anti inflamasi non steroid) seperti ibuprofen, aspirin, piroksikam, meloksikam, metampiron, dll.Konsumsi alkohol berlebihanMerokokDiet tinggi asam, pedas, berlemakStress psikologisSelain faktor-faktor di atas, asam lambung juga bisa meningkat pada kondisi2 berikut:

Penyakit seperti GERD (gastroesophageal reflux disease), refluks asam empedu, penyakit radang usus, danStress akibat pembedahan, trauma/cedera, luka bakar, dan stroke akutUntuk mengurangi asam lambung, utamanya dengan menghindari faktor-faktor pencetus di atas. Untuk mengurangi gejala akut dapat mengkonsumsi obat-obat maag. Selain itu, frekuensi makan juga ditambah. Bila sebelumnya 3x sehari, menjadi 5-6x sehari dengan menambahkan jadwal snack di antara waktu makan besar. Prinsipnya adalah small frequent feeding (porsi kecil namun sering).

Terkait keluhan Anda dengan sakit pada bahu belakang dan leher, tidak ada hubungannya dengan asam lambung naik. Gejala asam lambung naik biasanya rasa tidak nyaman atau perih atau sensasi terbakar di ulu hati yang naik sampai ke dada. Bisa juga disertai dengan rasa mual (hingga muntah), perut penuh, kembung, cepat kenyang, dan sering bersendawa.

Untuk keluhan bahu belakang dan leher tegang bisa disebabkan oleh postur tubuh yang kurang baik, misalnya tubuh cenderung membungkuk saat berdiri/berjalan dan sering bekerja di depan komputer dengan posisi yang kurang ergonomis. Untuk mengurangi keluhan, perbaiki postur Anda dengan melakukan relaksasi rutin ketika sedang bekerja dan usahakan untuk berolahraga paling tidak 3x30 menit dalam 1 minggu.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar