Sukses

Pengobatan Diare

02 Sep 2019, 23:44 WIB
Wanita, 24 tahun.

Saya diare dr kemarin. Sudah minum diapet dan lopamid Kalo abis minum lopamid mampet. Tp setelah itu diare lg sampai skrg Perut rada kembung juga. Jd bagaimana dok?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Pengobatan Diare melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Diare adalah peningkatan jumlah ( tiga kali atau lebih) atau penurunan konsistensi dari tinja (menjadi lunak atau cair) dalam waktu 24 jam. Diare dapat dibagi menjadi akut (kurang dari 14 hari) dan persisten (lebih dari 14 hari) dan kronik (lebih dari 1 bulan).

Gejala dan tandanya meliputi:

Konsistensi feses menurun (cair) dengan/ tanpa darahSuhu badan mungkin meningkat (demam)Mules atau nyeri perutSakit kepalaNafsu makan tidak ada/ berkurangMerasa lemahMual dan muntahMialgia (nyeri otot)Gelisah.

Konsistensi tinja yang cair yang menjadi karakteristik diare biasanya akan hilang dalam beberapa hari. Diare dapat menyebabkan kehilangan cairan dan elektrolit yang cukup signifikan. Kebanyakan diare akan sembuh sendiri tanpa pengobatan. Penting juga diperhatikan sudah berapa lama atau sudah berapa hari Anda mengalami diare ini. Apabila lebih dari 3 hari atau bahkan hingga seminggu, kemungkinan besar ada penyebab yang membutuhkan penanganan lebih serius seperti infeksi bakteri.

Penyebab diare dapat bermacam-macam, tetapi paling sering disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri atau akibat keracunan makanan. Pada orang yang tidak dapat mengonsumsi susu (intoleransi laktosa), diare juga bisa terjadi.

Kami belum dapat menyimpulkan diagnosis dengan terbatasnya informasi Anda. Setiap penyebab, pemilihan obatnya berbeda. Untuk penanganan lebih lanjut, Anda harus berkonsultasi langsung dengan dokter.

Saat ini yang pasti perhatikan asupan cairan untuk mengganti cairan dan elektrolit yang keluar dengan mengkonsumsi oralit dan air putih setidaknya 2 liter per hari. Tak lupa batasi konsumsi serat (buah dan sayur) hingga diare menghilang. Anda dapat mengonsumsi buah pisang dan apel yang dapat membantu menghentikan diare.

Diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang (seperti analisis feses/tinja) untuk menentukan penyebab penyakit Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Pengobatan Diare. Semoga bermanfaat untuk Anda.

 

0 Komentar

Belum ada komentar