Sukses

Kaku Jari Tangan

02 Sep 2019, 23:42 WIB
Wanita, 54 tahun.

setiap pagi buku jari tangan saya yang tengah selalu terasa kaku dan agak sulit dibuka, yang biasanya saya lakukan adalah meremas-remas dan direndam air hangat. sekarang jempol kiri saya ada rasa sakit seperti keceklik padahal tidak. pekerjaan saya banyak lakukan pengetikan dengan komputer, apakah karena itu atau ada yang lain dok. terasa tidak nyaman meskipun demikian saya masih bisa mengetik seperti biasa. saat ini saya sedang minum suplemen sendi tapi sudah habis 30 kapsul rasanya tidak ada pengaruhnya. bisa bantu. tks

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah bertanya tentang kaku jari tangan melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab konsultasi Anda. Sebelumnya kami memiliki beberapa pertanyaan. Apakah ada gejala lain selain nyeri sendi, seperti rasa kaku terutama pagi hari saat bangun tidur, demam, kemerahan atau bengkak pada sendi? Berapa lama kaku yang dirasakan, apakah lebih dari 30 menit? Apakah ada riwayat trauma/cedera pada jari tangan Anda? Apakah kaku dirasakan pada sendi lainnya?

Penyebab kaku dari sendi dapat bermacam-macam namun penyebab paling sering adalah artritis reumatoid (AR), dimana keluhannya terutama terjadi di pagi hari dan hilang beberapa lama kemudian, lalu paling sering terkena pada sendi-sendi kecil. AR salah satu dari beberapa penyakit rematik adalah suatu penyakit otoimun sistemik yang menyebabkan peradangan pada sendi. Dengan berjalannya waktu, dapat terjadi erosi tulang, destruksi (kehancuran) rawan sendi dan kerusakan total sendi. Akhirnya, kondisi ini dapat pula mengenai berbagai organ tubuh.

Gejala dan tanda dari AR dapat dilihat sebagai berikut :

Nyeri sendiPembengkakan sendiNyeri sendi bila disentuh atau di tekanTangan kemerahanLemasKekakuan pada pagi hari yang bertahan sekitar 30 menitDemamBerat badan turunArtritis reumatoid biasanya menyebabkan masalah dibeberapa sendi dalam waktu yang sama. Pada tahap awal biasanya mengenai sendi-sendi kecil seperti, pergelangan tangan, tangan, pergelangan kaki, dan kaki. Dalam perjalanan penyakitnya, selanjutnya akan mengenai sendi bahu, siku, lutut, panggul, rahang dan leher.

Untuk sementara, Anda dapat meminum obat anti nyeri seperti paracetamol, ibuprofen, atau asam mefenamat untuk mengurangi nyeri. Bila nyeri berulang atau semakin memberat, sebaiknya Anda memeriksakan ke dokter untuk memastikan diagnosis Anda melalui wawancara yang mendetil, pemeriksaan fisik secara langsung, dan pemeriksaan penunjang.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait kaku jari tangan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar