Sukses

Kulit Wajah Terasa Gatal dan Kasar

01 Sep 2019, 20:41 WIB
Pria, 47 tahun.

Dok saya mau bertanya kenapa ya tiba2 kulit saya gatal sekali sehingga kulit terasa menebal terutama daerah muka? Saya baru pertama kali seperti ini mohon respon nya dok terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga. Terima kasih atas pernyataan Anda. Kami akan terus memberikan pelayanan terbaik untuk Anda.

Pertama yang ingin Kami sampaikan adalah gatal-gatal pada kulit dapat disebabkan oleh banyak hal dan diagnosis pasti dari keluhan yang dialami keponakan anda tentunya memerlukan pemeriksaan fisik langsung.

Diduga penyebab gatal pada kulit dapat bermacam-macam, diantaranya:

Obat. Contohnya adalah antibiotik golongan penisilin, aspirin, obat-obatan hormonal, vaksinasi, pil kontrasepsi, dll.Makanan. Contohnya adalah susu, keju, telur, gandum, ikan, ayam, dll. Zat pewarna, penyedap rasa atau bahan pengawet juga dapat menimbulkan urtikaria.Lingkungan. Terpapar dengan debu rumah, jamur, perubahan temperatur, serbuk sari bunga, dll.Stress. Pada urtikaria yang berulang, faktor emosional perlu diperhatikan. Stress emosional dapat secara langsung dan tidak langsung menyebabkan seseorang meningkat kemungkinan terjadi urtikaria.Penyakit sistemik. Beberapa penyakit dan keganasan dapat menimbulkan urtikaria. Beberapa penyakit sistemik yang sering disertai urtikaria antara lain limfoma, hipertiroid, Lupus Eritematosus Sistemik, dll.Gigitan serangga. Gigitan serangga dapat menimbulkan urtikaria setempat. Nyamuk, lebah dan serangga lainnya menimbulkan urtikaria bentuk papul di sekitar tempat gigitan, biasanya sembuh sendiri.Infeksi. Infeksi jamur atau parasit dapat menyebabkan kulit terasa gatal.Selain deskripsi yang lengkap, untuk mengetahui diagnosis penyakit kulit diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung. Untuk itu kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan fisik langsung dan penanganan yang optimal.

Untuk penatalaksanaan tentu saja harus sesuai dengan penyebab dan diagnosa yang ditegakkan setelah pemeriksaan fisik secara langsung dilakukan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar