Sukses

Cara mengatasi menstruasi yang tidak teratiur

02 Sep 2019, 21:53 WIB
Wanita, 26 tahun.

Bagaimana dok agar saya bisa normal bisa lancar haid. Saya pernah ke puskesmas katanya dokter karena saya kurang hormon dok. Tapi dok itu bukan berarti tidak bisa punya anak kan dok? Jadi bagaimana solusinya dok agar bisa normal atau yang terpenting agar saya bisa mempunyai keturunan nanti dok ?? Mohon bantuannya dok. Terimakasih dok..

Terima kasih telah bertanya seputar menstruasi tidak teratur melalui fitur Tanya Dokter.

Haid normal terjadi setiap 21-35 hari sekali, lamanya berkisar 3-8 hari. Jadi, Anda tidak harus mendapat haid setiap bulan pada tanggal yang sama. Selama jarak antara haid bulan ini dengan bulan berikutnya masih dalam rentang 21-35 hari, Anda tidak mengalami terlambat haid. Haid dianggap terlambat bila haid tidak kunjung muncul setelah 35 hari dari tanggal haid sebelumnya. Berikut adalah tips agar menstruasi anda kembali teratur guna memperbaiki tingkat kesuburan anda.

  • Pastikan ada kehamilan atau tidak. Salah satu penyebab terlambat haid adalah kehamilan. Bila ada riwayat berhubungan seksual setelah haid terakhir, kehamilan mungkin saja menyebabkan haid terlambat. Sebelum menduga terdapat penyakit tertentu, Anda perlu memastikan terlebih dahulu apakah ada kehamilan atau tidak. Lakukan pemeriksaan menggunakan testpack di rumah. Bila hasilnya positif, maka Anda sebaiknya mengonfirmasi kehamilan ke dokter kandungan. Bila hasilnya negatif, Anda dapat mengulangi pemakaian testpack satu minggu kemudian. Anda tidak hamil jika hasilnya tetap negatif.
  • Makan banyak serat, kurangi lemak. Salah satu penyebab terlambat haid tersering adalah kelebihan berat badan dan obesitas. Untuk mengurangi kelebihan berat badan, Anda sebaiknya mengatur pola makan dengan baik. Perbanyak konsumsi serat dari sayur dan buah, dan kurangi makanan berlemak. Jumlah konsumsi makanan berlemak tidak lebih dari 10 persen dari total makanan yang dimakan dalam satu hari.
  • Hindari olahraga terlalu berat. Bagi para atlet atau yang gemar melakukan olahraga berat (misalnya, lari marathon 20 km), terlambat haid bisa saja terjadi. Aktivitas fisik yang terlalu berat dapat menyebabkan gangguan keseimbangan hormon, termasuk hormon estrogen dan progesteron. Ambil waktu beberapa hari untuk beristirahat dan kurangi porsi latihan untuk sementara waktu. Kemudian, perhatikan, apakah haid menjadi lebih teratur sesudah itu?
  • Memeriksakan diri ke dokterKeluhan terlambat haid memerlukan pemeriksaan lebih lanjut bila belum haid selama tiga bulan berturut-turut atau lebih, ada nyeri perut bawah yang hebat, atau perdarahan haid sangat banyak dibandingkan biasanya.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar