Sukses

Penanganan Melasma

02 Sep 2019, 21:37 WIB
Wanita, 38 tahun.

Dok, saya ada melasma di wajah sudah hampir 2 tahun... saya sudah periksa ke dokter kulit tapi tidak saya lanjutkan.. jujur saja, karena biayanya yang terlalu mahal buat saya.. Adakah produk skincare yang bagus buat melasma, yang di jual bebas..? Dan bagaimana cara perawatan wajah dengan melasma..?

Terima kasih telah bertanya seputar penanganan melasma melalui fitur Tanya Dokter.

Melasma adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi kulit, di mana terbentuk pigmentasi berwarna cokelat muda hingga cokelat tua, atau keabu-abuan. Kondisi ini dikenal dengan nama chloasma. Kondisi kulit ini kerap ditemukan pada area kulit yang terpapar langsung sinar matahari, terutama pada wajah.

Berikut adalah beberapa cara penanganan melasma:

  • Hydroquinone. Obat ini adalah pengobatan utama yang umum untuk melasma. Ini diterapkan pada kulit dan bekerja dengan mencerahkan kulit. Anda akan menemukan hydroquinone – atau hidrokuinon – dalam obat yang berbentuk krim, losion, gel, atau cairan. Anda bisa mendapatkan ini dengan resep dokter dalam bentuk krim racikan.
  • Tretinoin dan kortikosteroid. Untuk mencerahkan kulit, dokter kulit mungkin akan meresepkan obat-obatan jenis ini. Obat ini dapat berupa campuran tretinoin dan kortikosteroid, atau terkadang mengandung racikan tiga jenis obat (hidrokuinon, tretinoin, dan kortikosteroid) dalam 1 krim.
  • Obat topikal lainnya (dioleskan pada kulit): Dokter kulit mungkin akan meresepkan asam azelaic atau asam kojic untuk membantu meringankan melasma.
  • Tindakan/prosedur: Jika obat oles tidak cukup signifikan menghilangkan melasma, beberapa prosedur oleh dokter mungkin akan cukup berpengaruh. Prosedur seperti chemical peeling, mikrodermabrasi, dermabrasi, perawatan laser, atau alat berbasis cahaya mungkin akan membantu Anda dalam melenyapkan melasma.

Namun memang secara umum penanganan melasma hampir selalu dilakukan oleh dokter spesialis kulit di klinik kulit dan kecantikkan. Karena penggunaan obat-obatan topikal ataupun tindakan selalu dilakukan oleh yang berwenang yaitu dokter.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar