Sukses

Scabies berulang

02 Sep 2019, 21:21 WIB
Wanita, 15 tahun.

Dok saya kemarin kena scabies udah reda tiba tiba kok muncul lagi ya padahal saya udah melakukan saran dari dokter sebelumnya mohon penjelasannya

Terima kasih telah bertanya seputar scabies berulang melalui fitur Tanya Dokter.

Skabies merupakan kondisi yang menyebabkan rasa gatal pada kulit akibat terdapatnya tungau yang menggali ke dalam kulit. Tungau ini disebut Sarcoptes scabiei.

Adanya tungau tersebut menyebabkan rasa gatal yang hebat pada area di sekitar galian tersebut. Hasrat untuk menggaruk akan dirasakan semakin meningkat terutama pada malam hari.

Scabies merupakan penyakit yang menular dan dapat menyebar secara cepat. Penularan dapat terjadi melalui kontak fisik dengan anggota keluarga, kelompok perawatan anak, ruang kelas di sekolah, panti, atau penjara.

Karena sifat menularnya, dokter umumnya merekomendasikan penanganan untuk seluruh anggota keluarga atau kelompok yang tinggal berdekatan. Skabies dapat ditangani dengan cepat. Pengobatan dapat dioleskan pada kulit untuk membunuh tungau yang menyebabkan skabies serta telurnya, walaupun gatal dapat tetap dirasakan hingga beberapa minggu.

Untuk mencegah terjadinya infeksi berulang dan menghindari infeksi menyebar ke orang lain, beberapa langkah di bawah ini dapat dilakukan:

  • Membersihkan semua pakaian dan kain yang digunakan. Gunakan air hangat dan sabun untuk mencuci semua pakaian, handuk, dan seprai yang digunakan sejak tiga hari sebelum memulai penanganan. Keringkan dengan suhu tinggi. Untuk yang tidak dapat dicuci di rumah, gunakan fasilitas binatu.
  • Untuk benda yang tidak dapat dicuci, masukkan ke dalam plastik yang ditutup dan letakkan pada tempat yang tidak mengganggu selama sekitar dua minggu. Tungau akan terbunuh bila tidak mendapatkan makanan selama beberapa hari.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

1 Komentar

  • Saf******ina

    setelah4 hari pemakaian kenap pemakaian salap scacid dan minum obat masih gatal ya pdhal saran dokter telah dilakukan