Sukses

Perut Kembung Tak Kunjung Membaik
28 Aug 2019, 22:50 WIB
Wanita, 22 tahun.

Sore Dokter, saya mahasiswa berusia 22 tahun. Sudah sebulan lebih mengalami perut kembung. Padahal saya sudah rutin BAB dan kentut, tapi tetap saja perut saya kembung (keras dan besar). Saya juga sudah minum berbagai macam obat, tapi tetap saja. Mohon penjelasan dan sarannya dokter...

Terima kasih atas pertanyaan Anda terkait perut kembung yang tak kunjung membaik.

Saya mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Perut kembung dapat disebabkan oleh banyak penyebab, bisa karena penyakit dari lambung, gangguan pencernaan, tumor pada saluran pencernaan atau saluran reproduksi atau lainnya. Keluhan perut kembung terkait lambung biasanya menyebabkan penderita mengeluh nyeri ulu hati yang bertambah berat dengan makanan, mual, sendawa, perut begah.

Kemungkinan Anda mengalami maag atau di dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis. Namun untuk memastikannya dibutuhkan anamnesis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lebih lanjut. Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter guna penanganan lebih lanjut. 

 

Untuk itu perlu diketahui penyebab dan bagaimana cara mengatasi gangguan ini, berikut beberapa cara sederhana yang bisa menjadi pilihan;

Diet

Bersendawa biasanya disebabkan oleh kelebihan asupan makanan atau minuman yang mengandung gas seperti soda, buah mentah, jus buah seperti jus apel, kacang polong dan lain-lain. Karena itu, perhatikan diet yang dilakukan selama beberapa hari untuk mengenali tipe makanan yang membuat bersendawa. Cara ini bisa membantu untuk mengurangi sendawa.

Asupan udara

Menelan terlalu banyak udara melalui mulut merupakan salah satu penyebab sendawa. Udara bisa masuk melalui berbagai cara, seperti saat merokok, mengunyah permen karet atau makan terlalu cepat.

Hindari berbaring setelah makan

Hindari berbaring atau tidur setelah makan. Lebih baik jalan sebentar atau duduk dengan posisi mendekati lutut selama 10 menit. Cara ini membantu mencerna makanan dengan lebih baik. Selain itu, pastikan mengunyah dan makan secara perlahan untuk mencegah masuknya udara terlalu banyak. Hindari pula merokok dan stres berlebih.

Konsumsi Jahe

Konsumsi jahe atau biji adas, sepotong jahe kering atau permen jahe setelah makan. Cara ini bisa membantu mengurangi gas di lambung dan meredakan masalah sendawa. Cara ini juga bisa meredakan rasa sakit di perut akibat bersendawa.

Olahraga 

Cobalah untuk berolahraga kecil yang membantu mengeluarkan udara dari perut. Berbaringlah dalam posisi terlentang kemudian angkat dan tekankan lutut ke dada. Ulangi latihan ini sebanyak 10 kali. Cara ini dinyatakan bisa membuat seseorang

 

Demikian penjelasan kami terkait perut kembung yang tak kunjung membaik, terima kasih.

0 Komentar

Belum ada komentar